Cara Membuat Bingkai di Word

Mudah Banget! Inilah Cara Membuat Bingkai di Word

Cara Membuat Bingkai di Word – Saat membuat dokumen di Microsoft Word, ada beberapa jenis dokumen yang membutuhkan hiasan agar lebih menarik. Untuk itu, Microsoft Word menyediakan fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuat bingkai pada dokumen agar terkesan lebih menarik. Cara membuat bingkai di Word tidaklah terlalu sulit.

Terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat membuat bingkai di dokumen Word Anda. Bingkai biasanya digunakan untuk membuat suatu dokumen yang sifatnya tidak formal kepada instansi tertentu. Seperti untuk undangan dan lain sebagainya. Bingkai berfungsi untuk mempercantik tampilan dari dokumen tersebut.

Cara Membuat Bingkai di Word Paling Simple

Nah, bagi Anda yang ingin membuat bingkai di Word agar tampilan Anda terlihat menarik, berikut akan sajikan pembahasan lebih lanjut mengenai cara membuat bingkai di Microsoft Word. Perhatikan baik-baik langkah yang dijelaskan, agar Anda bisa mengaplikasikannya sendiri melalui perangkat yang Anda miliki.

Cara Memasukkan Bingkai Garis ke Dalam Word

Bingkai memiliki bentuk bermacam-macam di dalam Microsoft Word sendiri. Sebab, setiap orang pasti menggunakan bingkai untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Fitur pertama pada bingkai di Microsoft Word adalah bingkai yang berbentuk garis biasa. Bingkai dengan jenis garis ini akan membingkai setiap sisi dalam dokumen.

Untuk menambahkan atau memasukkan bingkai garis ke dalam Word tidaklah sulit. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus membuka dokumen Word yang ingin Anda pasang bingkai di dalamnya. Kemudian, pilihlah menu Design di bagian atas dokumen. Pada Word lama, pilihlah menu Page Layout.

Setelah membuka menu Design atau Page Layout, Anda harus memilih menu Page Borders yang berada di dalam Page Background. Nah, Anda bisa memilih beberapa style yang ingin Anda terapkan pada dokumen Anda. Sesuaikanlah style bingkai garis dengan kebutuhan atau keinginan Anda dalam mempercantik dokumen itu.

Mengatur Style, Warna, dan Ketebalan dari Bingkai

Setelah Anda memilih Page Borders akan tampil beberapa pengaturan yang dapat Anda terapkan pada dokumen. Anda bisa mengatur bagaimana style dari bingkai tersebut, apakah ingin yang berbentuk garis biasa, garis putus-putus, dan berbagai macam pilihan bentuk lainnya yang dapat Anda pilih pada bagian Style.

Sama dengan style-nya, Anda juga dapat mengatur warna dari bingkai tersebut agar tidak terlihat monoton namun tetap menarik. Oleh sebab itu, warna yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan juga. Cara mengatur warnanya terdapat pada Page Borders bagian Color. Anda bisa memilih banyak pilihan warna yang tersedia.

Ketebalan juga harus diperhatikan saat membuat sebuah bingkai di Word. Sebab, jika bingkai tersebut terlalu tebal maka hal ini akan berpengaruh pada isi tulisan dalam sebuah dokumen. Sehingga, Anda harus memperhatikan secara teliti. Cara mengaturnya juga mudah yaitu pada bagian Width di dalam Page Borders.

Memasukkan Bingkai Art Style pada Dokumen

Bingkai di dalam Microsoft Word tidak hanya berbentuk garis biasa saja. Anda juga bisa memilih bingkai dengan desain yang lebih menarik lagi. Hal ini berguna untuk membuat tampilan lebih berkesan dan tidak terlihat membosankan. Namun, bingkai dengan desain Art Style ini kurang cocok digunakan untuk dokumen resmi.

Penggunaan bingkai Art Style ini dapat dimanfaatkan untuk membuat undangan ulang tahun dan sejenisnya. Oleh sebab itu, tampilannya juga harus menarik. Cara menerapkannya pada dokumen adalah dengan memilih Page Borders pada menu Design atau Page Layout, lalu pilih bagian Art.

Di bagian Art tersebut, Anda akan menemukan berbagai pilihan jenis desain bingkai yang dapat Anda gunakan pada sebuah dokumen. Mulai dari bentuk bingkai buah-buahan hingga bentuk bingkai abstrak. Sesuaikan desain dengan keinginan atau kebutuhan Anda. Jika sudah, maka klik tombol OK pada tampilan tersebut.

Baca juga : Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Menambahkan Efek pada Bingkai Agar Lebih Menarik

Selain cara membuat bingkai di Word, ada juga cara khusus untuk mengatur tampilan atau mengeditnya agar menjadi lebih menarik. Caranya adalah dengan menambahkan efek khusus pada dokumen Anda. Efek-efek khusus tersebut terdiri dari Efek Box, Shadow, 3D, bahkan Anda juga membuat custom efek bingkai sendiri.

Caranya juga hampir sama, Anda tinggal membuka menu Page Borders dan lihatlah bagian Setting yang berada di sisi kirinya Style. Anda bisa memilih efek-efek yang telah disebutkan tadi dalam dokumen. Lagi-lagi pastikan untuk menyesuaikan efek yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin menambahkan efek seperti bayangan pada bingkai dokumen, maka Anda bisa memilih efek Shadow. Jika ingin memilih efek yang seperti tiga dimensi maka efek 3D adalah jawabannya. Untuk efek Box sendiri dapat Anda pilih jika menginginkan bentuk bingkai kotak. Sedangkan custom dapat Anda buat sendiri.

Mengaplikasikan Bingkai ke Dalam Dokumen

Dalam membuat sebuah dokumen, kadang kala Anda tidak akan menggunakannya pada keseluruhan dokumen. Bingkai juga dapat diterapkan pada halaman-halaman tertentu saja sesuai dengan keinginan Anda. Untuk dapat mengaplikasikan bingkai pada halaman-halaman tertentu, pada menu Page Borders, carilah pilihan Apply To.

Ada beberapa pilihan yaitu untuk Whole Document, This Section, This Section –First Page Only, dan This Section – All Except First Page. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.Jika Anda ingin mengaplikasikan bingkai pada keseluruhan halaman pada dokumen, Anda bisa memilih Whole Document.

Namun,  jika Anda ingin menerapkan bingkai pada halaman yang aktif saja, Anda bisa memilih This Section. Sedangkan untuk This Section – First Page Only untuk halaman pertama dari dokumen tersebut. Nah, untuk yang This Section – All Except First Page akan menerapkan bingkai pada semua halaman kecuali halaman pertama.

Cara Menghapus Bingkai di dalam Dokumen Word

Saat membuat dokumen di dalam Microsoft Word, bingkai atau garis tepi dalam dokumen dapat menjadi hiasan menarik. Namun, untuk dokumen yang ditujukan secara resmi untuk instansi formal, maka bingkai biasanya hanya berbentuk garis saja. Namun, bagaimana jika terlanjur membuat tampilan bingkai menjadi Art Style?

Jika sudah terlanjur dilakukan maka segera hapus bingkai tersebut. Sebab, untuk dokumen resmi maka bingkai Art Style tidaklah sesuai dan tergolong tidak formal. Maka dari itu menghapusnya adalah pilihan yang tepat. Cara untuk menghapus bingkai dari dalam dokumen adalah dengan membuka menu Page Borders.

Jika sudah membuka menu Page Borders, maka pada bagian Setting, pilih saja None lalu tekan OK. Dengan memilih None, bingkai yang telah Anda setting sebelumnya akan hilang pada dokumen Anda. Sehingga Anda bisa mengaturnya dari awal lagi. Kurang lebih itulah cara menghapus bingkai di dalam dokumen Word Anda.

Nah, itulah dia pembahasan lebih lanjut mengenai cara membuat bingkai di Word. Penggunaan bingkai pada sebuah dokumen akan sangat bermanfaat untuk mempercantik tampilan dokumen tersebut. Biasanya bingkai digunakan untuk membuat sebuah undangan dan keperluan yang lainnya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top