Ketahui Cara Membuat Tanda Tangan di Word Berikut

Cara Membuat Tanda Tangan di Word – Untuk membuat sebuah dokumen penting, biasanya diperlukan tanda tangan yang harus disisipkan pada dokumen tersebut. Keterbatasan jarak dan waktu membuat tanda tangan dapat disisipkan secara elektronik. Sehingga hal ini juga menghemat penggunaan kertas. Cara membuat tanda tangan di Word sangatlah mudah.

Microsoft Word merupakan software yang wajib dimiliki untuk membuat dan mengolah dokumen, khususnya bagi pelajar maupun karyawan. Hal ini memudahkan Anda untuk dapat mengolah kata menjadi lebih cepat. Ternyata tak hanya itu saja, Microsoft Word juga bisa digunakan untuk menyisipkan atau membuat tanda tangan.

Cara Membuat Tanda Tangan di Word Mudah Sekali

Tanda tangan elektronik tersebut akan sangat efektif digunakan apalagi di masa pandemi seperti ini yang membatasi interaksi antara setiap orang. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tanda tangan di Word. Berikut akan disajikan beberapa cara untuk mengetahui cara membuat tanda tangan di Microsoft Word yang kami himpun dari laman zencreator.id.

Menggunakan Foto atau Gambar Kertas Bertanda Tangan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat tanda tangan di Word adalah dengan menggunakan foto ataupun gambar dari kertas yang bertanda tangan. Anda dapat memotretnya secara langsung ataupun melakukan scan pada kertas bertanda tangan tersebut ke dalam salah satu format berikut: .jpg, .png .gif, dan juga .bmp.

Jika foto telah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih tab Insert pada menu di dalam Microsoft Word. Pilih gambar tanda tangan yang ingin Anda sisipkan.  Kemudian, Anda dapat mengedit gambar tersebut dengan menggunakan tab “Picture Tools Format”. Jika selesai, jangan lupa untuk menyimpan hasilnya.

Tanda tangan yang dihasilkan dari scan foto atau gambar disebut dengan tanda tangan elektronik. Yang mana tanda tangan elektronik ini lebih diminati daripada tanda tangan digital. Nah, dengan cara inilah Anda dapat melakukan suatu pekerjaan atau meminta konfirmasi kepada atasan dengan mudah dan juga cepat.

Dengan Fitur Signature Line

Tanda tangan elektronik bisa Anda dapatkan dengan menggunakan fitur yang telah disediakan di Microsoft Word yaitu fitur Signature Line. Fitur Signature Line merupakan fitur yang dapat digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital pada suatu dokumen. Fitur ini juga membuat dokumen tersebut adalah hak milik Anda.

Cara untuk menyisipkan Signature Line pada dokumen di Word cukup mudah. Pertama, Anda harus membuka Microsoft Word terlebih dahulu. Lalu, masuk ke menu Insert dan pilih Signature Line. Isikan informasi mengenai nama Anda, jabatan, hingga alamat email. Centang tanda OK pada kolom Show Sign Date in Signature Line.

Setelah itu, akan tampil hasil dari Signature Line Anda. Untuk dapat mengubahnya, Anda hanya harus mengetuk sekali pada Signature Line dalam dokumen tersebut. Signature Line ini juga akan masuk pada tiap halaman yang ada dalam dokumen. Sehingga, dokumen yang Anda miliki tidak akan mudah untuk di-copy oleh orang lain.

Membuat Tanda Tangan Menggunakan Pulpen Virtual

Cara selanjutnya adalah dengan membuat tanda tangan menggunakan pulpen virtual pada Microsoft Word. Cara ini cukup sederhana dilakukan, tetapi ada beberapa kekurangan di dalamnya. Anda harus memperhatikan secara seksama presisi dari mouse yang Anda gunakan. Sebab, mouse tidak senyaman pulpen saat digunakan.

Jika Anda ingin menggunakan ini sebagai cara membuat tanda tangan di Word, maka Anda harus memperhatikan langkah-langkah yang harus dilakukan saat menggunakan pulpen virtual. Pertama, arahkan kursor pada tempat kosong untuk tanda tangannya. Pada menu insert lalu sub menu shape, terdapat Line Section.

Nah, Line Section inilah yang biasa digunakan untuk membuat tanda tangan di Word. Pada Line Section, pilihlah bentuk garis yang disebut dengan Scribble. Setelah membuat tanda tangannya, Anda masih bisa melakukan kustomisasi dengan mengubah dan mengatur ketebalan garis pada tanda tangan Anda.

Membuat Tanda Tangan Memakai Template

Jika sebelumnya, Anda pernah membuat tanda tangan di Word, maka cara ini adalah cara yang tepat untuk Anda. Template yang dimaksud di sini adalah template yang telah tersimpan di Quick Parts. Sehingga, hal ini akan sangat mempermudah Anda dalam membuat tanda tangan dengan cepat.

Dengan menggunakan template, maka Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan langkah-langkah setiap saat jika Anda memerlukan untuk menandatangani dokumen elektronik. Perlu diingat, Anda harus memiliki template tanda tangan yang telah Anda buat sebelumnya. Cara untuk membuat tanda tangan memakai template cukup mudah.

Setelah Anda membuat tanda tangan, maka simpanlah tanda tangan tersebut pada Quick Part Gallery dengan masuk pada menu Insert lalu Quick Parts. Klik Save Selection to Quick Part Gallery dan cobalah membuat Building Box yang baru. Berilah nama pada tanda tangan tersebut lalu pada gallery pilih Auto Text.

Cara Lain untuk Membuat Tanda Tangan Elektronik

Jika Anda mengalami kesulitan saat membuat tanda tangan di Word, tidak usah khawatir, Sebab, ada beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat tanda tangan elektronik. Tanda tangan ini bisa Anda sisipkan ke dalam dokumen Word Anda untuk berbagai keperluan yang membutuhkan tanda tangan.

Membuat Tanda Tangan di Website Online

Cara yang satu ini hanya membutuhkan jaringan internet yang digunakan untuk menunjang proses pembuatan dari tanda tangan tersebut. Ada banyak sekali website yang menawarkan kemudahan dalam membuat tanda tangan elektronik. Beberapa website tersebut antara lain CreateMySignature, Signaturely, Dosketch, dan lainnya.

Dengan menggunakan website dan dilakukan secara online, pastinya caranya juga sangat mudah. Anda hanya harus memasukkan tanda tangan Anda pada website dan selanjutnya akan disediakan hasil dari tanda tangan elektronik tersebut untuk dapat Anda simpan. Sehingga, Anda tidak perlu kerepotan dalam membuat tanda tangan.

Membuat Tanda Tangan di Aplikasi

Selain membuat tanda tangan dengan mengakses website, Anda juga bisa membuat tanda tangan dengan menggunakan aplikasi tertentu pada aplikasi yang telah disediakan di Google Play Store maupun App Store. Aplikasi-aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Adobe Fill & Sign, Hello Sign, SignNow, PrivyID, dan sebagainya.

Cara yang digunakan juga hampir sama dengan cara membuat tanda tangan dengan menggunakan website online. Yang menjadi pembeda adalah jika ingin menggunakan aplikasinya, maka Anda juga harus mengunduhnya dulu pada smartphone Anda. Coba carilah kolom untuk tanda tangan sekaligus menu untuk menyimpannya.

Tidak perlu khawatir juga mengenai tarif ataupun biaya untuk menggunakannya, sebab biasanya website atau aplikasi tersebut menawarkan fitur ini secara gratis. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk semua orang dengan kebutuhan yang berbeda-beda.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara membuat tanda tangan di Word. Dengan membuat tanda tangan di Word, Anda tak perlu kesulitan saat berada di situasi jarak dan waktu yang terbatas. Sehingga keperluan yang membutuhkan tanda tangan di dalamnya akan selesai dengan mudah dan cepat.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar