6 Cara Meningkatkan Konversi Penjualan

Cara Meningkatkan Konversi Penjualan – Saat ini ada begitu banyak cara berjualan produk yang semakin berkembang salah satunya adalah dengan media e-commerce. Terkadang pun setelah Anda mengupload beberapa katalog produk Anda di e-commerce, hal tersebut harus dibarengi pula dengan strategi pemasaran yang tepat. Jika Anda mengandalkan dunia internet sebagai salah satu platform pendukung kemajuan bisnis dan usaha Anda, maka Anda harus mengetahui tentang konversi penjualan dan cara meningkatkan konversi penjualan tersebut.

Hal ini penting untuk Anda ketahui sebab suatu produk tidak akan bisa mendapatkan atensi atau potensial pembelian dari pelanggan melalui dunia internet jika tidak bisa meningkatkan konversi penjualan. Sebelum berbicara mengenai cara meningkatkan konversi penjualan maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan konversi penjualan itu sendiri.

Apa Itu Konversi Penjualan?

Konversi dalam penjualan merupakan sebuah tindakan langsung lebih lanjut dari pengunjung yang mengunjungi website atau online shop yang Anda miliki. Tindakan langsung lebih lanjut yang dimaksud disini adalah pembelian suatu produk yang Anda tawarkan sebelumnya. Tentunya setiap konversi penjualan memiliki cara yang berbeda-beda tergantung pada tujuan dan sifat bisnisnya. Pada artikel ini Anda akan tahu bagaimana cara meningkatkan konversi penjualan.

Cara Meningkatkan Konversi Penjualan

Setelah mengetahui pengertian dari konversi penjualan saat ini kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan konversi penjualan sehingga pendapatan Anda terus bertambah tentunya berasal dari orang yang membeli produk milik Anda. Berikut adalah cara meningkatkan konversi penjualan.

  1. Eksperimen Terkait Inovasi Produk

Dalam sebuah bisnis yang akan Anda jalankan maka konversi penjualan sangat penting. Oleh karena itu, inovasi dan eksplorasi suatu produk amat sangat dinantikan bagi sebagian besar pelanggan. Pelanggan akan terus menunggu keluaran produk terbaru seperti apa yang akan Anda keluarkan.

Untuk bisa menghasilkan suatu produk berkualitas maka perlu pengujian atau testing yang melibatkan beberapa koresponden. Melalui koresponden tersebut Anda bisa mengetahui produk yang Anda hasilkan akan lebih sempurna jika terdapat penambahan bahan dasar tertentu. Ketika sudah sempurna, maka semuanya akan berfungsi dengan baik dan Anda akan mendapatkan peningkatan pembelian atau penjualan yang telah menjadi target selama ini.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise

Oleh karena itu, langkah pertama eksperimen terkait setiap produk adalah hal yang sangat perlu untuk dipikirkan. Salah satu cara meningkatkan konversi penjualan memang eksperimen secara nyata. Jika terdapat lebih sedikit pilihan maka akan menjadi semakin mudah, jadi semakin biner pilihan maka semakin mudah mendapatkan persentase yang paling relevan untuk mengetahui hal yang disukai oleh banyak masyarakat.

  1. Penawaran Menarik

Selanjutnya cara meningkatkan konversi penjualan yang paling ampuh yaitu sebuah penawaran menarik. Penawaran menarik selalu berhasil menarik pelanggan untuk membeli produk milik Anda. Seseorang yang ingin untuk membeli produk kalian tentu memiliki beberapa permintaan atau persyaratan dari sebuah produk. Dengan menjelaskan bahwa produk Anda mampu memenuhi setiap poin yang dibutuhkan oleh para pelanggan maka Anda sudah bisa meningkatkan konversi penjualan.

Hal kedua ini akan lebih maksimal jika Anda juga mengetahui keunikan produk milik Anda ketimbang jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya yang menjual produk serupa. Tentu saja keunggulan dan keunikan serta ciri khas tertentu dapat membuat para pelanggan beralih atau lebih memilih produk Anda daripada lainnya. Maka dari itu hal ini termasuk sebagai salah satu cara meningkatkan konversi penjualan yang menjadi paling ampuh dan harus Anda coba.

Tidak hanya itu, jika ada acara atau event tertentu, maka Anda bisa memberikan penawaran diskon besar-besaran tentu saja juga tetap harus memperhatikan biaya produksi yang Anda keluarkan. Hal yang paling penting dari diskon adalah Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dan tidak rugi karena harga yang sedang didiskon.

  1. Tidak Berbelit-belit Dalam Menjelaskan Suatu Produk

Cara meningkatkan konversi penjualan berikutnya adalah penjelasan produk yang cukup singkat, padat, dan jelas. Tidak perlu terlalu panjang dan terkesan berbelit-belit dalam menjelaskan suatu produk akan menjadi nilai tambah bagi para pelanggan. Beberapa strategi copywriting terlalu fokus pada kata-kata yang rumit dan tidak diketahui oleh semua orang. Hal ini tentu saja menjadi kurang maksimal sebagai salah satu informasi sebelum pengunjung memutuskan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Anda bisa memposisikan diri Anda sebagai seseorang yang akan membeli sebuah produk. Dan kata-kata seperti apa yang cukup bisa membuat Anda yakin bahwa produk yang akan Anda beli ini mampu mengakomodir segala keperluan Anda terkait produk tersebut. Anda tetap harus menyampaikan dengan bahasa sederhana namun tidak menghilangkan bahasa persuasif yang ada.

Baca juga : Ide Bisnis Modal Kecil

  1. Situs Website Maksimal

Selanjutnya cara meningkatkan konversi penjualan yang ini tentu harus pula dipertimbangkan jika ingin mendapatkan penghasilan atau pendapatan lebih besar yaitu website yang maksimal. Tidak hanya maksimal dalam artian kinerja suatu situs web yang ditekankan namun lebih kepada kualitas dan tampilan website juga harus menjanjikan.

Apabila sebuah website memiliki tampilan yang profesional serta pemilihan kata pada setiap fiturnya sangat jelas, tentu saja akan menambahkan keyakinan sangat besar kepada produk yang Anda jual. Anda bisa menggunakan headline website yang memang mampu menarik perhatian banyak orang. Headline dari sebuah website selalu menjadi kesan pertama bagaikan pisau bermata dua. Disisi lain dapat menyukseskan suatu citra produk namun disisi lainnya dapat dengan mudah menghancurkan citra produk Anda. Jadi pemilihan headline website sangat penting dalam hal ini.

  1. Permintaan Data yang Sederhana

Ketika seorang pengunjung sudah memutuskan untuk melakukan pembelian pada produk Anda, maka selanjutnya fitur yang harus tersedia adalah data pembayaran. Anda perlu meminta data mengenai alamatnya, produk apa yang akan ia beli, warna apa yang membuatnya tertarik. Semua hal ini harus mampu dimintakan melalui formulir pendataan yang sangat sederhana.

Apabila terlalu banyak pengisian data pada kolom yang harus diisi dan hal tersebut merupakan informasi yang tidak terlalu penting untuk dimiliki maka bisa jadi pengunjung akan bosan dan malas mengisi semuanya. Pada akhirnya akan berakibat dengan tidak akan ada konversi penjualan atau tidak akan ada suatu pembelian. Maka dari itu permintaan data yang sederhana sebagai cara meningkatkan konversi penjualan harus Anda perhatikan dengan seksama.

  1. Peningkatan Kepercayaan

Terakhir adalah pembangunan sebuah kepercayaan. Jika seorang pengunjung ingin membeli produk Anda maka Anda bisa menambahkan testimoni dari beberapa orang selain itu pula melakukan pemesanan yang diinginkan oleh pelanggan ini dengan baik.

Diatas adalah 6 daftar cara meningkatkan konversi penjualan yang harus secara konsistensi Anda lakukan. Sebab jika tidak, maka hasil dan konversi penjualan yang meningkat juga akan sulit didapat atau tidak akan bisa didapatkan secara maksimal. Silahkan dipraktikkan dan lihatlah hasilnya selama beberapa waktu kedepan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar