Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Flashdisk Tidak Terbaca – Flashdisk yang juga disebut sebagai USB flash drive merupakan sebuah alat yang dipakai untuk menyimpan berbagai dokumen penting. Alat ini memiliki ukuran mungil dan berat cukup ringan sehingga banyak orang mengandalkannya untuk menyimpan data. Bukan hanya untuk kepentingan tugas kuliah atau sekolah, namun orang bekerja pun juga memerlukan perangkat mini pendamping PC ini.

Sayangnya, flashdisk rentan rusak atau terkena virus. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan lagi, apabila flashdisk tidak terbaca padahal ada file penting yang anda butuhkan di dalamnya. Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai penyebab flashdisk tidak terbaca dan cara mengatasinya. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Terdapat beberapa penyebab mengapa sebuah flashdisk mengalami error hingga tidak dapat terbaca di laptop maupun komputer, antara lain :

Data Corruption

Penyebab flashdisk error yang paling umum yaitu karena keteledoran pengguna. Ini biasanya terjadi ketika anda mencabut flashdisk secara bersamaan dengan proses transfer data.

Contohnya anda sedang membuka file flashdisk, lalu anda langsung mencabut flashdisk tersebut dari port USB secara langsung tanpa menutup file yang anda buka sebelumnya. Ini bisa mengakibatkan data corruption sehingga membuat flashdisk tidak terbaca.

Tiba-Tiba Mati Daya

Mirip seperti penyebab yang pertama, ini biasanya diakibatkan karena laptop atau komputer mendadak mati ketika flashdisk sedang beroperasi. Yang paling kerap terjadi yaitu ketika proses transfer file sedang berlangsung dan terjadi mati listrik. kondisi ini bisa mengakibatkan flashdisk error dan semua data yang ada di dalam flashdisk tersebut tidak bisa terbaca.

Virus/ Malware

Tidak dapat dipungkiri, dengan flashdisk berukuran mini anda bisa memindahkan file dengan mudah dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Akan tetapi, resiko pemindahan file ini yakni membuat flashdisk terinfeksi malware atau virus. Flashdisk yang terkena malware atau virus bukan hanya beresiko membuatnya sulit dibaca namun juga mengakibatkan perangkat laptop atau PC anda juga terkena virus.

Port USB Rusak

Bisa jadi penyebab flashdisk tidak terbaca adalah karena port USB di laptop atau PC anda yang rusak.

Baca juga : Kompres Foto 200kb Online

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah flashdisk yang tidak terbaca. Inilah beberapa cara untuk anda terapkan.

Cek Port USB

Hubungkan flashdisk anda pada port USB PC atau laptop. Mungkin port USB tersebut sedang bermasalah sehingga membuat flashdisk tidak dapat terbaca. Anda dapat menghubungkan flashdisk pada port USB yang lain di perangkat anda. Apabila flashdisk ternyata dapat terbaca, kemungkinan besar port yang sebelumnya anda hubungkan memang rusak.

Mencoba Flashdisk Pada Perangkat Lain

Apabila cara pertama tidak membuahkan hasil, anda dapat memeriksa flashdisk anda dengan menghubungkannya dengan PC. Apabila cara ini berhasil maka port USB laptop anda mungkin mengalami kerusakan. Sebelum anda menghubungkan flashdisk pada port, pastikan bahwa bagian port tersebut sudah bersih dari debu. Anda juga perlu menjaga port USB supaya tidak longgar maupun bisa digerakkan ke bawah dan ke atas.

Update Sistem Operasi Perangkat Laptop

Apabila anda memakai Windows, anda dapat memperbarui sistem operasi yang bisa mendukung hardware pada laptop atau PC anda. Kesalahan dapat terjadi karena laptop/ PC yang belum diperbarui. Cara untuk memperbarui sistem operasi ini yaitu :

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan ponsel lalu pilih opsi Update & Security
  • Berikutnya klik opsi Check for Updates, apabila terdapat pembaruan yang ditunda, anda dapat mengunduh serta merestart laptop/ PC sebelum mencoba menghubungkan flashdisk kembali

Memakai Disk Management Tool

Cara berikutnya yakni dengan scanning atau pemindaian flashdisk memakai Disk Management Tool. Langkah ini bertujuan untuk mencoba memperbaiki flashdisk yang rusak. Apabila ditemukan kerusakan maupun terdapat virus, otomatis Windows akan memulihkan atau memperbaiki flashdisk anda. Berikut ini tutorialnya :

  • Hubungkan flashdisk anda ke port USB laptop/ PC
  • Lalu klik kanan di simbol Windows kemudian pilih opsi Disk Management
  • Selanjutnya pilih disk flashdisk anda kemudian klik kanan. Berikutnya pilih opsi Properties dan tunggu sampai muncul tab baru
  • Langkah selanjutnya adalah klik opsi Tools dan pilih opsi Check
  • Kemudian pilih Scan & Repair Drive lalu tunggu sampai proses selesai. Anda dapat mencoba menghubungkan flashdisk kembali setelah mencoba cara mengatasi flashdisk tidak terbaca ini.

Membuka Flashdisk Menggunakan Device Manager

Anda juga dapat memeriksa flashdisk menggunakan Devcie Manager. Langkah ini dapat anda lakukan apabila laptop/ PC membaca flashdisk anda namun file data yang ada tidak dapat terbaca. Di bawah ini beberapa langkahnya :

Baca juga : Cara Mengecilkan Ukuran Foto

  • Cari menu Device Manager pada pencarian Windows atau dengan menekan tombol Windows + X, lalu pilih opsi Device Manager
  • Berikutnya anda dapat klik pilihan Disk Drivers lalu cari drive flashdisk dan uninstall drive flashdisk anda
  • Langkah selanjutnya adalah pilih opsi Scan for Hardware Changes agar perubahan pada drive diperbarui. Kemudian restart laptop/ PC anda lalu coba hubungkan ke laptop kembali.

Mengetahui Status Flashdisk Menggunakan Command Prompt

Langkah untuk mengecek status flashdisk ini adalah :

  • Langkah pretama yaitu pilih logo Windows kemudian ketik tulisan Command Prompt
  • Jika sudah muncul jendela hitam anda dapat mengetik chkdsk F
  • Anda perlu mengganti huruf F dengan huruf sesuai drive flashdisk anda, misalnya G atau H dan lainnya
  • Kemudian tekan enter lalu lihat apa yang muncul dari Command Prompt
  • Apabila flashdisk anda bermasalah maka anda ada notifikasi bahwa Windows menemukan gejala error dan lainnya.

Menginstall Ulang Pengontrol USB

Langkah ini dapat anda lakukan jika port USB rusak atau bermasalah. Adapun tutorial untuk anda lakukan yaitu :

  • Langkah pertama anda dapat klik Windows kemudian ketik tulisan Device Manager
  • Lalu cari opsi Universal Serial Bus Controller dan klik kanan
  • Langkah berikutnya, uninstall Universal Serial Bus Controller dan restart perangkat anda
  • Kemudian coba hubungkan flashdisk anda kembali

Format Flashdisk Menggunakan Disk Management

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca ini tergolong ekstrem sebab anda akan kehilangan data yang ada di dalam flashdisk. Akan tetapi, ini dapat menjadi cara yang cukup efektif sebab kemungkinan virus yang ada di dalamnya menyebabkan flashdisk tidak dapat terbaca serta tidak dapat dipakai lagi. Tutorial yang dapat anda coba yaitu :

  • Klik Windows + X atau bisa juga dengan mencari opsi Disk Management pada pencarian Windows
  • Lalu pilih lokasi flashdisk anda dan klik kanan drive tersebut lalu pilih opsi Format
  • Anda akan diperingatkan untuk memilih Yes kemudian tunggu sampao proses format selesai
  • Jika sudah selesai diformat, anda dapat mencoba menggunakan flashdisk kembali.

Nah, demikian ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca untuk anda coba. Saat anda sedang mengalami masalah flashdisk rusak atau tidak terbaca maka anda dapat mencoba beberapa cara di atas dengan mudah. Tentu ini akan membantu anda terlebih jika ada file atau data penting yang tersimpan didalamnya. Apabila kamu ingin mengetahui laptop bisnis terbaik dari ASUS, berikut adalah rekomendasinya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar