Google Classroom Adalah

Pengertian Google Classroom

Google Classroom Adalah – Perkembangan teknologi digital yang sangat signifikan mampu membuat aktivitas, pola pikir dan lingkungan juga mengalami perubahan. Pada sektor pendidikan misalnya, sekarang ini mulai beralih pada fungsi digital yang mana pelajar bisa mengakses informasi apa saja yang dibutuhkan lewat internet. Metode belajar online seperti ini mempermudah banyak kalangan untuk belajar dari rumah dengan melihat video hingga melakukan video conference.

Beberapa lembaga pendidikan juga sudah mulai menerapkan sistem e-learning guna mempermudah pelajar dalam mengumpulkan tugas dengan cepat dan efisien. Perlu anda ketahui bahwa Google Classroom adalah sistem e-learning yang diterapkan guru untuk mengajar dengan lebih mudah. Bagi anda yang penasaran dengan Google Classroom, anda dapat menyimak penjelasan lengkap dibawah ini yang kami dapatkan dari asusbusiness.id.

Pengertian Google Classroom

Google Classroom adalah media pembelajaran online yang cukup bermanfaat karena memungkinkan pengajar dan murid untuk bisa saling terhubung kapanpun dan dimanapun secara online. Google Classroom adalah jembatan para pengajar untuk membuat suatu tugas, membagikan serta menilai tugas pembelajaran tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Media ini bisa merampingkan sistem belajar mengajar guru dan murid lewat internet.

Hadirnya Google Classroom juga mempermudah pada guru dan siswa dalam berbagi file lewat Google Drive, misalnya Google Sheets, Google Docs serta Google Slides untuk sistem penulisan. Adapun penggunaan Gmail juga diperlukan untuk komunikasi, serta Google Kalender yang berguna untuk penjadwalan. Layanan ini bisa diakses melalui beragam perangkat baik laptop, komputer, tablet maupun ponsel.

Keunggulan dan Fungsi Google Classroom

Terdapat beberapa keunggulan dan fungsi yang dapat diperoleh dari media Google Classroom sebagai LMS (Learning Management System). Adapun keunggulan dan fungsi Google Classroom adalah :

Proses pengaturan pembuatan kelas lebih cepat dan nyaman

Menggunakan Google Classroom bisa mempercepat proses pembuatan kelas dan memberikan kenyamanan luar biasa daripada harus instal LMS lokal maupun mendaftar pada provider LMS. Pengajar hanya perlu mengakses aplikasi tersebut lalu dapat membagikan berbagai bahan ajar dan tugas.

Guru bisa menambahkan siswa maupun kode unik yang memungkinkan untuk mengakses ke kelas Google Classroom. Interface aplikasi ini juga sederhana serta mudah untuk digunakan. Dengan demikian, sangat ideal untuk dimanfaatkan untuk smeua pengajar dengan pengalaman e-learning beragam.

Efisien dan hemat waktu

Siswa atau peserta kelas tidak perlu mendownload tugas dari guru. Guru akan membuat serta mendistribusikan dokumen pembelajaran pada peserta didik secara online. Keunggulan Google Classroom adalah bisa memberikan umpan balik pada setiap tugas, melakukan penilaian dan menentukan peringkat. Sehingga terdapat potensi untuk lebih menghemat waktu bagi kedua belah pihak.

Baca juga : Flashdisk Tidak Terbaca

Bisa meningkatkan komunikasi dan kerjasama

Salah satu manfaat penting saat memakai Google Classroom adalah terciptanya kolaborasi online secara efisien. Pengajar bisa mengirimkan notifikasi pada peserta untuk memulai diskusi secara online maupun kegiatan belajar online tertentu. Selain itu, peserta didik mempunyai kesempatan dalam memberikan umpan balik pada rekan mereka saat melakukan diskusi.

Penyimpanan data terpusat

Semua pembelajaran berada pada satu tempat yaitu Google Classroom. Pelajar bisa melihat seluruh tugas pada folder tertentu, pengajar bisa menyimpan berbagai bahan e-learning maupun kegiatan untuk ajaran secara cloud, peringkat dan nilai. Dokumen bisa tersimpan pada LMS ini tanpa perlu khawatir akan hilang.

Berbagi sumber daya dengan praktis, cepat dan efisien

Guru online mempunyai kemampuan berbagi informasi serta sumber daya online kepada peserta secara langsung. Ini tentu lebih efisien dibandingkan harus mengirimkan bahan untuk masing-masing siswa secara khusus.

Fitur yang Dimiliki Google Classroom

Aplikasi ini mempunyai banyak kemudahan misalnya Google Docs, Google Drive, Gmail, Sheets and Slides yang membantu berbagai lembaga pendidikan agar lebih mudah dalam melakukan pembelajaran. Adapan fitur yang dimiliki oleh Google Classroom adalah :

Assignment (tugas)

Fitur pertama yang dimiliki Google Classroom adalah assignments. Semua tugas yang didownload akan tersimpan dan dinilai dengan rangkaian aplikasi produktivitas Google. Dibandingkan hanya berbagai bahan di Google Drive pelajar dengan guru, file bisa di host pada drive pelajar lalu dikirim untuk dinilai.

Para guru bisa memilih file untuk template sehingga masing-masing siswa bisa mengedit salinan mereka dan kembali mendapatkan nilai. Ini akan membuat siswa lain dapat melihat, mengedit dan menyalin dokumen yang sama.

Grading (penilaian)

Aplikasi Google Classroom juga mendukung banyak cara untuk menilai siswa. Guru mempunyai pilihan untuk memantau perkembangan masing-masing siswa untuk tugas yang mereka kerjakan.

Tugas yang diedit bisa dinilai guru serta dikembalikan dengan tambahan komentar agar siswa bisa merevisi tugas dan diserahkan kembali. Apabila sudah dinilai, tugas tersebut hanya bisa diedit oleh guru saja kecuali apabila guru mengembalikan tugas siswa.

Baca juga : Kompres Foto 200kb Online

Komunikasi lancar

Berbagai pengumuman bisa diposting oleh guru pada aliran kelas untuk dikomentari oleh para siswa mereka. Fitur Google Classroom adalah membuat komunikasi dua arah yang berjalan dengan baik antara siswa dan guru. Para siswa juga bisa mengupload ke kelas namun tidak akan memiliki prioritas yang tinggi layaknya pengumuman dari guru serta bisa dimoderasi.

Banyak jenis media dari Google misalnya file Google Drive dan YouTube yang dapat dilampirkan pada pos atau pengumuman di berbagai konten. Gmail juga menyediakan pilihan email untuk guru yang ingin mengirimkan email ke salah satu siswa maupun lebih dari satu pada antarmuka aplikasi Google Classroom. Kelas ini bisa di akses pada web dengan aplikasi seluler kelas iOS dan Android.

Laporan Orisinalitas

Laporan ini dikenalkan sejak Januari 2020 untuk memungkinkan guru dan siswa agar bisa melihat bagian dari karya dengan berisi kata-kata persis atau mirip dengan sumber lain. Bagi siswa, ini dapat menyoroti bahan sumber serta tanda kutip yang menghilang agar siswa bisa meningkatkan tulisan mereka.

Arsip pembelajaran

Fitur lainnya dari Google Classroom adalah memungkinkan guru untuk mengarsipkan kursus di akhir tahun atau semester. Saat kursus diarsipkan maka selanjutnya pada beranda akan terhapus lalu diletakkan pada area kelas arsip guna membantu guru dalam mengatur kelas. Kursus yang diarsipkan bisa terlihat oleh guru dan siswa, namun tidak bisa mengubahnya sampai dipulihkan.

Aplikasi seluler

Aplikasi ini dikenalkan pada bulan Januari 2015 silam. Tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Aplikasi seluler memungkinkan pengguna untuk mengambil foto serta melampirkannya pada tugas mereka, mendukung akses offline dan berbagi file melalui aplikasi lain.

Keamanan Pribadi

Tidak seperti layanan konsumen Google, pada Google Classroom tidak menampilkan iklan pada antarmuka siswa, guru, dosen dan data pengguna. Ini tentu akan membuat aktivitas belajar menjadi lebih nyaman.

Dengan hadirnya Google Classroom adalah membuat banyak sekolah, universitas maupun lembaga pendidikan yang lain memiliki pilihan belajar yang efektif di tengah pandemi covid seperti sekarang ini. Disamping itu, Google Classroom adalah aplikasi yang memiliki banyak fitur praktis, efisien serta terjamin keamanannya. Pembelajaran akan tersimpan aman secara online, interaksi siswa dan guru pun juga menjadi lebih baik.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top