Ide Bisnis Makanan

11 Ide Bisnis Makanan Populer dan Simple

Ide bisnis makanan merupakan peluang yang banyak dicari oleh ibu rumah tangga yang ingin sekali memiliki income namun hanya berjualan di rumah saja. Saat ini, ada banyak sekali lho ide bisnis makanan yang bisa dikerjakan di rumah tanpa harus pergi ke mana-mana.

Apalagi salah satu bidang usaha yang mampu bertahan di masa pandemi Covid-19 ini datang dari kuliner. Jadi, walau banyak bisnis yang mengalami kerugian, bidang kuliner satu ini tetap banyak diminati. Lalu apa saja ya ide bisnis makanan yang bisa dicoba?

Ide Bisnis Makanan 2022

Corndog

Corndog adalah menu yang bisa Anda jual dan coba buat sendiri di rumah. Corndog sendiri adalah makanan yang asalnya dari Korea dan berbahan dasar sosis dan kentang. Cara membuat camilan satu ini sangat mudah, lho! Anda hanya perlu menyiapkan sosis, kentang dan tepung untuk membalutnya.

Sosis bisa ditusuk dengan menggunakan tusukan sate lalu digulirkan pada tepung yang pekat. Setelah itu sosis bisa dibalurkan ke dalam potongan kentang. Jika sudah dibalur dengan kentang, maka Anda bisa menggorengnya sampai berwarna coklat. Corndog sendiri bisa menjadi camilan sekaligus penunda lapar karena mengandung karbohidrat.

Bitterballen

Selanjutnya, ada ide bisnis bernama bitterballen yang belakangan cukup trend. Nama kudapan satu ini hampir sama dengan kroket, namun ukurannya lebih mini dan cocoknya disantap dengan saus mustard. Untuk masalah harga, per menu bitterballen memang agak mahal dibandingkan kroket, sekitar Rp 50.000-an.

Namun makanan satu ini cukup mengenyangkan dan bisa dijual dalam bentuk frozen. Jadi, Anda tidak hanya bisa membelinya dalam bentuk yang sudah matang. Kalau Anda ingin memakannya di lain hari, beli saja dalam bentuk frozen dan tinggal digoreng di rumah.

Bola-bola Mie

Di Indonesia, hidangan omellet seringnya dikaitkan dengan mie yang dicampur dengan telur atau martabak mie. Nah, ide usaha makanan satu ini berbahan dasar mie dan telur, namun dibuat menjadi bola-bola yang kemudian digoreng. Inovasi mie dan telur ini cukup disukai oleh anak-anak kecil dan tak jarang orang tua sekalipun.

Anda bisa membuat variasi isian nih seperti menambahkan sosis, bakso, sayur, daging ayam dan sebagainya ke dalam bola-bola mie. Sesuaikan saja isi dari sajian bole mie Anda dengan selera pasar. Anda bisa menjualnya ke anak-anak sekolah atau yang sekiranya ramai orang-orang lewat.

Tahu Krispi

Akhir-akhir ini, tahu menjadi bahan utama yang bisa diolah menjadi camilan kekinian dan tidak jarang berhasil menarik selera masyarakat. Jika Anda mencari ide bisnis makanan yang mudah diolah dan digemari orang-orang, maka cobalah untuk membuat camilan dari tahu. Salah satu satu sajian tahu yang viral dan disukai oleh kebanyakan orang adalah tahu krispy.

Baca juga : Ide Bisnis Rumahan

Menu tahu krispi sangat cocok dijadikan sebagai ladang bisnis. Anda hanya perlu mencari resep yang membuat tahu tetap krispi dan jangan lupa bagaimana cara membuat tahu terasa enak. Anda bisa menambahkan topping seperti bumbu barbeque, balado, pedas manis atau bisa juga disajikan dengan saos sambal dan saos kecap.

Dimsum

Dimsum merupakan makanan yang bentuknya mirip sekali dengan siomay. Namun dimsum ini beda ya dengan siomay karena disajikan dengan saos, sementara siomay sendiri disajikan dengan saos kacang dan beberapa isian lain seperti kentang, tahu bakso, pare dan lain sebagainya.

Nah, kalau dimsum ini biasanya dijual satuan dan isinya bisa berbeda-beda. Ya, ada dimsum ayam, kepiting, sosis dan varian lainnya. Jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam mengolah dimsum, maka Anda bisa mencari supplier yang bisa memasok kebutuhan dimsum Anda. Carilah yang harganya terjangkau dan tentu saja rasanya juara.

Dorokdok

Jika Anda ingin mencoba bisnis camilan kering, maka cobalah menjual dorokdok. Camilan satu ini sangat enak dan cocok sekali dimakan saat menonton TV atau sedang santai. Dorodok sendiri memiliki bentuk yang mirip sekali dengan bantal.

Sekilas memang camilan satu ini mirip dengan kerupuk, namun rasanya jelas berbeda. Nah, Anda bisa mengemasnya dengan plastik dan jangan lupa tambahkan varian rasa dengan menaburkan bumbu balado, jagung manis atau rasa apapun sesuai selera.

Rice Bowl

Ide bisnis makanan yang bisa dicoba selanjutnya adalah rice bowl. Sesuai dengan namanya, maka makanan satu ini dikemas ke sebuah tempat yang mirip sekali dengan mangkok. Satu hidangan rice bowl sendiri bisa dilengkapi dengan aneka macam menu seperti ayam katsu, telur orak arik, oseng buncis dan sebagainya.

Kreasikan menu rice bowl sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa untuk berikan layanan gratis delivery kepada pelanggan Anda. Rice bowl sendiri bisa lho dipasarkan ke para karyawan di kantor atau bisa juga anak sekolah.

Burger

Siapa bilang kalau  menikmati burger hanya bisa dilakukan di restoran cepat saji? Jika Anda pandai dalam baking atau memasak, Anda bisa lho berjualan burger. Makanan yang identik dengn fast food ini bisa menjadi ide bisnis kekinian yang memberi peluang untung tinggi.

Baca juga : Ide Bisnis Online

Kalau Anda tidak bisa membuat roti sendiri, Anda bisa kok mencari supplier yang bisa memasok kebutuhan bahan-bahan Anda. Jika Anda ingin berjualan sesuatu yang unik, coba deh untuk memadu padankan dengan menu lokal. Anda bisa jual burger dengan bumbu rendang, balado, gulai dan sebagainya. Bisa juga Anda menjual burger vegan untuk memperluas pasar.

Korean Garlic Cheese Bread

Selanjutnya Anda bisa mencoba berjualan Korean garlic cheese bread. Roti khas Korea ini dibuat dari keju dan bawang dengan cita rasa yang gurih. Garlic Cheese Bread sendiri menjadi menu yang cukup sukses menyita perhatian dan belakangan menjadi viral.

Jika Anda bisa membuat menu garlic cheese bread ala Korea yang enak, cobalah untuk berbisnis roti ini. Harga per biji garlic cheese bread ala Korea sendiri dibanderol sekitar 15.000 hingga Rp 35.000-an.  Kehadiran Korean garlic cheese bread bisa menjadi variasi roti baru yang mengalahkan dominasi bahwa roti haruslah manis.

Bakso Bakar

Di Indonesia, bakso adalah menu favorit bagi kebanyakan orang, dan Anda bisa mencari peluang dari menu favorit masyarakat Indonesia ini. Bakso bakar bisa disajikan seperti sate, Anda hanya perlu menyiapkan tusuk sate dan memasukkan beberapa buah bakso dan membakarnya di atas arang.

Satu tusuk bakso bakar bisa Anda banderol sekitar Rp 1000 atau bisa juga Rp 2000. Jangan lupa untuk menambahkan saos sebagai topping dan jika perlu, tambahkan juga mayonaise.

Aneka Tempura

Terakhir, Anda bisa menjual berbagai macam tempura untuk digoreng dan dijual satuan. Bisnis tempura biasanya sangat laku di sekitar sekolahan.  Anda bisa menjual tempura per biji Rp 500 atau bisa juga Rp 2000 dapat 3.

Tentukan saja jenis tempura apa saja yang hendak dijual, dan jangan lupa untuk mencari supplier yang memberikan harga murah.

Dari 10 ide bisnis makanan yang sudah disebutkan, mana nih yang paling Anda kuasai dan ingin sekali dicoba?

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top