Ide Bisnis Modal Kecil

7 Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Kamu Ketahui

Ide bisnis modal kecil adalah peluang yang banyak dicari oleh orang-orang di masa pandemi Covid-19 yang tidak kunjung selesai. Belakangan ini, bisnis adalah salah satu solusi untuk menambah pendapatan selain hanya mengandalkan pekerjaan utama. Hanya saja, yang namanya memulai bisnis, umumnya akan selalu dikaitkan dengan modal besar yang harus disiapkan,

Padahal, tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis. Anda yang mungkin ingin sekali memiliki bisnis namun terkendala dengan budget untuk modal, tenang saja! Anda masih bisa kok untuk mencoba berbisnis karena ada beberapa ide usaha dengan modal kecil yang bisa dicoba, apa saja itu?

Ide Bisnis Modal Kecil

Bisnis dengan modal kecil saat ini bukan lagi hal sulit untuk dilakukan. Ya, saat ini, semuanya bisa diakses dengan bantuan internet, jadi berbekal sumber daya manusia (SDM) dan teknologi yang oke, maka Anda bisa lho mendapatkan untung besar.

Lalu apa saja sih ide bisnis yang bisa dilakukan walau modal yang dimiliki masih kecil? Tenang saja, jangan menciut terlebih dahulu! Berikut adalah ide-ide bisnis yang bisa dilakukan meskipun modal yang dimiliki kecil.

Dropshipping

Bingung dengan modal? Tenang, Anda tidak perlu banyak modal untuk memulai bisnis dropshipping Anda sendiri. Tahu brand besar IKEA? Ya, n perusahaan dengan penjualan terbesar dalam hal furnitur ini ternyata dimulai dengan bisnis Drop Shipping, lho! Jadi, jangan minder untuk memulai bisnis dropshipping.

Drop Shipping adalah bisnis khusus yang menjual produk tanpa memilikinya secara fisik. Saat ini, dengan Internet, sangatlah dimungkinkan untuk melakukan bisnis dropshipping dengan memanfaatkan E-Commerce

Dropshipping adalah ketika Anda menjual barang untuk perusahaan lain dengan markup tetapi sebenarnya tidak memiliki barang tersebut. Ketika pelanggan membeli produk, mereka membeli dari Anda dan Anda membeli langsung dari supplier. Supplier kemudian akan mengirimkan barang langsung ke rumah pelanggan Anda.

Jika Anda benar-benar bersemangat tentang bisnis semacam ini, Anda harus mendapatkan asuransi ganti rugi profesional yang berkualitas, karena Anda akan berurusan dengan 3 atau 4 entitas terus-menerus, dan jika terjadi kesalahan, Anda dan klien Anda akan ditanggung.

Baca juga : Ide Bisnis untuk Karyawan

Event Planner

Apakah Anda memiliki pengalaman mengatur acara kecil dengan teman-teman Anda? coba deh mulai bisnis event planner dan mulai mengatur acara yang lebih besar dengan imbalan uang. Tentu hal itu bisa menjadi ide bisnis yang bagus.

Ketika Anda ingin memanfaatkan peluang bisnis ini, satu hal yang perlu Anda ingat adalah rencana bisnis. Ada banyak elemen yang perlu Anda sertakan dalam rencana bisnis.  Banyak orang yang ingin memulai bisnis online baru, sebenarnya memiliki pikiran kreatif, tapi tidak tahu cara merealisasikannya.

Nah, untuk memulai bisnis ini, maka yang Anda butuhkan adalah situs web sederhana atau sosial media, tidak lupa beberapa  kontak, seperti WhatsApp dan email. Jadi, jika Anda memiliki akun sosial media, tentu hal ini adalah kesempatan yang menarik karena Anda hanya perlu kekreatifan untuk menarik klien dan mensukseskan acara mereka.

Youtube dan Streaming Langsung

Dengan popularitas live streaming  yang tumbuh secara eksponensial, pengusaha di seluruh dunia mulai mempertimbangkan untuk menyelenggarakan acara dan streaming mereka sendiri. Content creatot sendiri menjadi pilar utama yang dibutuhkan di dunia yang serba internet. Hal ini dikarenakan orang-orang selalu menjelajah untuk mencari tren berikutnya.

Kini, menggunakan Youtube dan Live Streaming untuk pembuatan konten tentunya menjadi lebih mudah. Anda dapat mengatur tombol “Donasi” sehingga bisa mendapatkan uang tambahan dan tentu saja, jika saluran Anda mencapai jumlah yang layak, Anda dapat mengajukan permohonan kemitraan, sehingga Anda akan mendapatkan persentase berapa banyak pemirsa yang Anda miliki setiap sesi.

Youtube, di sisi lain, adalah sesuatu yang lebih direkomendasikan untuk orang-orang dengan keterampilan mengedit video yang layak, karena persaingan menjadi sangat ketat. Jika Anda yakin dengan kemampuan edit dan tidak terlalu malu untuk berbicara di depan kamera, Youtube adalah cara yang bagus untuk memulai bisnis dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal.

Pemasaran Afiliasi

Bisnis saat ini adalah tentang menghasilkan prospek dan memasukkan prospek ke dalam saluran penjualan mereka. Jadi jika Anda memiliki banyak pengikut di sosial media dan Anda mungkin pernah mendengar tentang pemasaran afiliasi, coba deh ikuti ide bisnis modal kecil ini,

Pada dasarnya, pemasar afiliasi adalah seseorang yang mempromosikan produk perusahaan lain seolah-olah dia mengiklankan produknya sendiri. Namun, daripada mendapatkan bayaran untuk penjualan seperti yang akan dilakukan oleh biro iklan tradisional, satu-satunya imbalan yang diperoleh afiliasi atas kerjanya berasal dari kesepakatan mereka dengan pengiklan.

Jadi, uang yang didapatkan adalah bagi hasil dari penjualan yang didapatkan dari iklan yang dipromosikan. Pemasaran afiliasi pada dasarnya hanyalah kesepakatan antara afiliasi dan bisnis yang saling menyetujui berapa banyak komisi yang akan diperoleh.

Baca juga : Ide Bisnis Makanan

App Developer

Usaha bisnis di bidang pengembangan aplikasi saat ini banyak diminati. Jika Anda memiliki pengetahuan pengkodean yang layak dan Anda paham tentang UX dan UI, memulai bisnis seperti ini bisa menjadi home run yang layak dicoba.

Bahkan para ahli non-coding akan dapat membuat aplikasi yang laris, terutama jika terkait dengan ekonomi, fotografi, dan pembuatan video, karena itu adalah tren terbesar saat ini di dunia aplikasi. Apalagi jika Anda memiliki basic di bidang ini.

Dengan jumlah sumber daya, tutorial, dan kursus video online, Anda dapat mulai mempelajari keterampilan pengembangan aplikasi bahkan dengan modal rendah. Pengembang aplikasi seluler sangat diminati baik itu untuk Android atau iOS.

Jadi, jika Anda memutuskan untuk terjun ke ruang pengembangan aplikasi,  pastikan bahwa Anda sudah memiliki klien potensial yang tertarik dengan apa yang Anda lakukan dan ini bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan bagi Anda ke depannya.

Asisten Virtual

Banyak pengusaha membutuhkan bantuan dengan tugas sehari-hari yang dimilikinya. Anda dapat bekerja dari jarak jauh untuk perusahaan atau individu yang membutuhkan dukungan administratif.

Tugas umum seorang asisten virtual adalah mengelola akun media sosial, mengatur kalender dan jadwal, membuat pengaturan perjalanan dan memproses dokumen dan catatan. Anda bisa mencari daftar klien dalam jangka panjang.

Menjadi Desainer Grafis

Jika Anda bisa mendesain logo, website, dan gambar blog, Anda bisa lho menjual keahlian desain grafis Anda. Membuka bisnis desainer grafis tidak dibutuhkan banyak modal. Anda bisa mengatur kapan Anda bekerja dan pilih sendiri proyek mana yang ingin dikerjakan untuk menciptakan banyak portofolio.

Banyak perusahaan membutuhkan dukungan desain grafis pada berbagai proyek. Untuk memulai, tawarkan layanan Anda di platform freelance seperti Upwork atau bisa juga Fiverr.

Banyak sekali bukan ide bisnis modal kecil? Anda yang mungkin ingin sekali mencoba berbisnis dengan modal yang kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun, cobalah beberapa opsi di atas.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top