Ide Bisnis Rumahan

9 Ide Bisnis Rumahan Terpopuler

Ide bisnis rumahan merupakan peluang usaha yang banyak dicari. Di tahun 2022 ini, bisa dibilang sih ada berbagai macam jenis peluang bisnis yang bisa dikerjakan di rumah tanpa harus membuka toko di jalan yang ramai. Membicarakan ide bisnis rumahan umumnya sering dikaitkan dengan ibu rumah tangga.

Padahal sih, bisnis rumahan bisa dilakukan oleh siapapun asal mau mencobanya. Anak muda sekalipun bisa kok mencoba bisnis rumahan. Di masa yang semuanya serba teknologi, manusia akan semakin dimudahkan untuk mempromosikan ide bisnisnya. Lalu apa saja sih ide bisnis yang bisa dilakukan saja di dalam rumah?

Ide Bisnis Rumahan Terpopuler

Bisnis Aksesoris

Hampir semua wanita sangat menyukai aksesoris karena benda tersebut bagus sekali untuk mempercantik penampilan diri. Selain itu, bisnis aksesoris juga bisa memberikan keuntungan jika Anda pandai dalam membuat kerajinan aksesoris. Ya, kalau Anda adalah tipe orang yang kreatif dalam membuat kerajinan aksesoris, coba deh manfaatkan hal itu sebagai peluang bisnis.

Kesabaran, kekreatifan dan ketekunan adalah modal yang sangat penting untuk memulai bisnis aksesoris. Anda bisa mencoba membuat cincin, gelang, kalung, syal, bandana dan lain sebagainya yang berkaitan dengan aksesoris wanita.

Bahan yang bisa Anda cari untuk mendukung bisnis Anda adalah mutiara, manik-manik, senar, rajutan dan sebagainya. Nah, Anda bisa menjual hasil bisnis tersebut  melalui sosial media atau jual ke berbagai marketplace.

Bisnis Kue

Kalau Anda adalah tipe orang yang mempunyai skill bagus dalam baking, coba deh manfaatkan keahlian Anda tersebut untuk berbisnis kue. Beberapa macam kue yang bisa dicoba buat adalah kue tradisional atau bisa juga lho kue kering.

Kalau kue kering, maka pasarnya adalah umat muslim yang hendak merayakan Lebaran, meski tidak menutup kemungkinan ada juga momen special yang membuat kue kering tetap diminati. Nah, kalau kue tradisional, maka Anda bisa titipkan ke warung maupun pasar-pasar terdekat. Jangan lupa untuk promosikan ke sosial media juga.

Bisa juga lho Anda menjual kue-kue kekinian seperti bento cake, Korean cake, soft cookies dan kue tart. Ada banyak sekali ide untuk membuat kue yang peluangnya bagus untuk dijual di pasaran.

 Bisnis Catering

Siapapun yang mempunyai skill memasak, coba deh manfaatkan kemampuan itu untuk membuka catering. Bisnis rumahan satu ini cocok sekali untuk Anda yang memang suka sekali memasak dan tentu saja rasa masakannya enak.

Nah, jika ingin mencoba bisnis catering, tentukan dulu nih siapa target pasarnya, apakah karyawan kantoran atau anak-anak TK yang ibunya tidak memiliki waktu untuk membawakan bekal anaknya atau catering dengan menu sehat untuk orang yang sedang diet.

Baca juga : Ide Bisnis Online

Pikirkan dengan baik siap yang menjadi target pasar Anda agar bisnis kuliner Anda satu ini bisa memberikan keuntungan yang besar. Namun, yang namanya catering masakan, pastikan Anda sering mencoba meracik-racik resep ya supaya rasanya enak dan orang sering repeat order.

Reseller

Memang sih yang namanya membuka sebuah bisnis, pasti dibutuhkan yang namanya modal. Tapi jika Anda terhalang modal, tenang saja! Anda masih bisa lho mencoba bisnis dari beberapa produk online.

Namanya reseller, maka Anda hanya menjual produk dari supplier dan mempromosikannya melalui sosial media Anda, bisa Facebook, WhatsApp ataupun Instagram. Kuncinya adalah, temukan supplier yang barangnya bagus, bisa dipercaya, dan harganya terjangkau.

Selanjutnya, Anda pandai-pandai dalam memasarkan produk tersebut supaya bisa menarik pembeli. Jika berhasil ada yang tertarik dengan barang dagangan Anda, maka barulah Anda  bisa stock barang tersebut dan kirim ke pembeli.

Dropshipper

Model bisnis dropshipper sebenarnya hampir sama dengan reseller, kok! Anda sama-sama tidak memerlukan modal untuk memulai ide bisnis rumahan ini. Menariknya dari bisnis dropshipper ini adalah, Anda tidak membutuhkan inventaris, lho!

Jadi, Anda hanya perlu mempromosikan bisnis dan jika ada yang beli, maka supplier yang akan mengirimkan barang tersebut ke pelanggan Anda. Kalau produk yang Anda jual tidak banyak yang meminati, maka Anda bisa kok ganti produk jualan Anda. Sangat mudah sekali bukan bisnis semacam ini?

Nah, yang menjadi PR Anda adalah mencari supplier yang sekiranya trusted. Ketika Anda sudah menemukan supplier yang tepat, Anda bisa memulai bisnis ini.

Jasa Desain Grafis

Anda yang mempunyai skill di bidang desain grafis, Anda bisa lho mencoba untuk memanfaakan kemampuan Anda tersebut. Apalagi saat ini banyak sekali bermunculan bisnis-bisnis online dan tentu saja skill Anda akan sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha.

Tentu saja para pelaku usaha akan membutuhkan desainer grafis untuk membuat logo bisnis, mendesain konten sosial media, membuat desain packaging dan masih banyak lagi. Kehadiran  desainer grafis cukup penting untuk keperluan branding sebuah bisnis.

Baca juga : Tahapan Audit Keuangan

Jadi, untuk Anda yang memiliki skill di bidang ini, cobalah untuk memanfaatkan kemampuan yang Anda miliki ini untuk menghasilkan keuntungan tinggi. Anda bisa mengerjakannya di rumah saja, atau dengan sistem freelance. Jadi, cukup di rumah saja, Anda bisa dapatkan penghasilan yang cukup besar setiap mendapatkan project.

Budidaya Ikan Hias

Apakah Anda adalah orang hobi berbudidaya ikan hias? Ternyata, budidaya ikan hias ini bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa besar, lho! Ya, ada jenis-jenis ikan hias yang apabila dijual, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Kalau Anda bisa menemukan target pasar yang tepat, maka berapapun harga yang Anda tawarkan kepada mereka, pasti tidak akan menjadi soal. Jadi, cobalah untuk mencari update tentang ikan hias yang menarik.

Jika Anda mau rutin untuk menjadikan hobi Anda sebagai ladang penghasilan yang menjanjikan, maka cobalah untuk berbisnis ikan hias,

Laundry Kiloan

Apakah Anda tinggal di sekitar perumahan yang penduduknya sibuk atau di dekat kampus yang  rata-rata dihuni oleh kos-kosan mahasiswa? Jika ya, cobalah untuk membuka bisnis laundry kiloan! Jangan lewatkan peluang tinggal di daerah perumahaan atau hunian mahasiswa karena rata-rata mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci baju.

Jadi, cobalah untuk memanfaatkannya dengan membuka laundry kiloan plus setrika. Tawarkan juga jasa untuk antar dan jemput pakaian dengan nominal tambahan. Jika Anda mau rutin menekuninya, dijamin bisnis laundry kiloan ini akan memberikan keuntungan yang besar.

Usaha Menjahit

Memiliki skill menjahit? Coba deh manfaatkan skill tersebut untuk membuat pakaian atau bisa juga membuka usaha menjahit. Jadi siapapun yang ingin menjahitkan pakaiannya karena resleting rusak, robek atau ingin menjahit pakaian jadi, maka Anda bisa buka usaha sendiri di rumah.

Kalau Anda ingin penghasilan yang lebih tinggi, coba deh belajar desain baju terbaru yang sedang trend dan bukalah jasa konveksi. Dijamin, usaha Anda akan laris apalagi jika Anda mau menawarkan jasa ke sosial media.

9 ide bisnis rumahan yang disebutkan di atas bisa menjadi salah satu sarana yang sangat menarik untuk menghasilkan uang dari rumah saja.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top