Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise

Simak Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise Ini

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise – Pada masa pandemi seperti ini, ada begitu banyak orang yang memutar otak untuk menghasilkan banyak pendapatan. Meskipun pada saat sebelum pandemi, memang untuk membangun sesuatu atau ingin berbisnis memiliki kesulitan. Namun semenjak pandemi kesulitan menjadi dua kali lipat sebab semua sektor terdampak oleh pandemi. Meskipun begitu, ada beberapa bisnis yang kerapkali memiliki peluang yang cukup tinggi meski sedang ada ditengah pandemi. Salah satunya adalah bisnis franchise ini.

Tentu saja tidak semua bisnis harus dibangun dari awal, ada beberapa bisnis yang sudah besar menawarkan franchise produk mereka. Jadi Anda tidak perlu membangun nama bisnis dari awal, bahkan sebaliknya Anda cukup memikirkan bagaimana pengembangannya dan hal-hal apa saja yang diperlukan untuk membuat bisnis franchise lancar. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis franchise. Diharapkan nantinya ketika Anda sudah bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis franchise maka akan bisa memutuskan akan mengambil franchise sebagai bisnis atau tidak.

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Franchise

Sebelum membahas keseluruhan mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis franchise maka akan lebih baik untuk membahas kelebihan terlebih dahulu.

Kelebihan Bisnis Franchise

Jika berpikir secara praktis, memang keuntungan dan kelebihan yang ditawarkan oleh bisnis franchise sangat menggiurkan. Ada beberapa hal mengenai kelebihan franchise berikut ini yang bisa Anda simak.

  1. Tidak Perlu Mulai Dari Awal (Startup)

Dalam artikel kelebihan dan kekurangan bisnis franchise ini maka keuntungan yang pertama adalah kesulitan memulai dari awal sebagai startup yang tidak perlu Anda khawatirkan. Berbagai orang sepertinya setuju dengan sebuah kalimat bahwa yang paling tersulit dari bisnis adalah saat memulainya sebab ada banyak hal yang harus Anda lakukan. Seperti melakukan riset pasar, menulis beberapa rencana bisnis, melakukan tester terhadap produk yang telah Anda hasilkan, pengujian dan mendapatkan penilaian yang objektif terkait produk tersebut.

Setidaknya jika Anda membeli bisnis franchise maka tahapan tersebut sudah tidak perlu lagi Anda lakukan. Anda tidak perlu memulai dari awal semua hal yang berkaitan dengan bisnis. Cukup mudah bukan? Itulah salah satu kepraktisan yang ditawarkan oleh bisnis franchise. Terutama oleh beberapa orang yang tidak memiliki waktu untuk melakukan riset atau hal-hal awal memulai bisnis tersebut.

Baca juga : Ide Bisnis Modal Kecil

  1. Sudah Mendapatkan Nama

Selanjutnya kelebihan dan kekurangan bisnis franchise yang berkaitan dengan keuntungan lagi yaitu sudah mendapatkan nama. Tentu Anda tertarik untuk membeli bisnis franchise karena bisnis tersebut sudah diminati oleh banyak orang. Dan ada banyak orang yang tidak lagi meragukan produk itu dimanapun mereka berada. Terkadang ada beberapa orang yang tidak bisa menikmati suatu produk karena produk tersebut tidak ada di tempat mereka. Nah disinilah peran bisnis franchise untuk mengisi kekosongan tersebut sehingga Anda tidak perlu lagi merintis nama baik dari awal. Bahkan dengan nama yang sudah populer tersebut Anda bisa fokus pada cara untuk menaikkan pendapatan.

  1. Program Pelatihan

Bisnis franchise memiliki sistem yang mudah untuk ditiru, jadi apabila Anda memutuskan untuk memulai bisnis franchise maka Anda memiliki pilihan membuka pelatihan karyawan pada setiap lokasi yang dibutuhkan. Dan Anda tidak perlu khawatir karena jika membeli franchise maka Anda akan diberitahu bagaimana cara membentuk atau melakukan sesuatu seperti itu terutama pada bisnis franchise makanan yang memiliki takaran resep tertentu. Jadi kualitas rasa yang Anda tawarkan kepada para pelanggan tidak jauh berbeda sama sekali dengan bisnis pusatnya. Tentunya hal itu akan membuat pelanggan berdatangan dan menetap.

  1. Bantuan Terkait Pemasaran dan Pengiklanan Selalu Terbuka Lebar

Secara tidak sadar ketika Anda membeli bisnis franchise maka pusat dari bisnis tersebut akan mengelola semua tentang strategi pemasaran bahkan periklanan sehingga mau dimanapun bisnis Anda berada, tentu hal tersebut sangat menguntungkan. Ada beberapa pusat franchise yang menggunakan media iklan top terkemuka seperti TV, Radio bahkan platform sosial media yang ramai digunakan sesuai dengan target pasar.

  1. Peningkatan Daya Beli Inventaris

Lalu terdapat peningkatakan daya beli inventaris yang maksudnya adalah sebuah franchise membeli sejumlah besar inventaris maupun peralatan atas nama franchise tersebut. Sehingga dengan berbagai macam peralatan, cara, dan beberapa hal yang dikelola Anda bisa langsung mendapatkan aset yang penting. Tentu saja aset penting tersebut bisa Anda dapatkan dengan biaya lebih rendah daripada membeli terpisah.

  1. Pembiayaan Menjadi Mudah

Jika Anda tidak memiliki biaya invetasi yang cukup besar, maka Anda bisa mencari pinjaman modal yang menjadi lebih mudah. Beberapa sistem peminjaman pihak ketiga memiliki persyaratan untuk pinjaman khusus franchise atau waralaba. Tentu saja hal ini berdampak sangat baik untuk memulai kelangsungan bisnis Anda. Namun tidak semua franchise yang bisa mendapatkan pinjaman khusus, jadi pastikan Anda mengecek terlebih dahulu.

Kekurangan Bisnis Franchise

Bersama kelebihan tentu saja terdapat kekurangan. Kelebihan dan kekurangan bisnis franchise selalu menjadi sepaket yang tidak dapat dipisahkan. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis franchise maka saatnya membahas yang kedua kini yaitu kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan bisnis franchise.

Baca juga : Ide Bisnis untuk Karyawan

  1. Harus Patuh Pada Aturan Franchise

Ketika Anda membeli sebuah franchise maka Anda harus siap dengan segala aturan yang terikat didalamnya. Meskipun beberapa hal Anda memiliki kebebasan dalam operasi bisnis namun ada beberapa hal yang harus mengikuti aturan seperti sistem operasi, regulasi, dan arahan dari sebuah franchise atau waralaba.

  1. Biaya Bisa Menjadi Lebih Tinggi

Kelebihan dan kekurangan bisnis franchise berkaitan dengan kekurangan yaitu biaya bisa menjadi lebih tinggi. Biaya awal membuka atau membeli bisnis franchise juga tergolong tinggi meskipun harganya tidak sebanding dengan beberapa hal jika Anda memulai bisnis sendiri dari awal. Jadi biaya ini termasuk murah dan terjangkau namun tetap saja tidak semua punya modal yang cukup besar untuk membelinya.

  1. Terdapat Royalti Yang Harus Dibagi

Anda harus memikirkan royalti pendapatan bisnis yang dibayarkan apabila menggunakan nama dan sistem franchise tersebut. Terkadang ada beberapa franchise yang mengharuskan untuk membayar biaya kontribusi pengiklanan.

  1. Masalah Manajemen Reputasi Bisnis

Reputasi bisnis memiliki sistem yang terpusat. Meskipun ini sejalan pula dengan jika bisnis franchise memiliki nama yang bagus maka tidak ada kendala atau permasalahan berarti. Namun jika ada masalah manajemen reputasi bisnis maka semua cabang franchise bisa terkena dampaknya.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis franchise yang wajib Anda ketahui dan pertimbangkan jika ingin membeli bisnis franchise. Pertimbangkanlah dengan matang mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis franchise tersebut secara spesifik dan sangat rinci sebelum benar-benar terjun dalam dunia franchise. Putuskan apakah Anda lebih ke sisi pro ataupun lebih ke kontra dengan berbagai pemikiran.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top