Manfaat Asuransi Jiwa

Penting! Kenali Dulu Jenis, Manfaat Asuransi Jiwa Sebelum Membeli

Manfaat Asuransi Jiwa – Asuransi jiwa menjadi salah satu jenis perlindungan yang penting untuk dimiliki. Sebelum membeli produknya, penting untuk mengetahui terlebih dahulu jenis asuransi jiwa agar bisa mendapatkan perlindungan jiwa maksimal.

Seperti diketahui, asuransi jiwa  merupakan suatu jenis asuransi yang dapat memberikan santunan tunai apabila tertanggung meninggal dunia yang bisa diakibatkan oleh kecelakaan, sakit, dan risiko lainnya yang tidak disengaja.

Secara sederhana, asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang bertujuan untuk menanggung orang terhadap kerugian finansial yang tidak terduga, yang disebabkan karena tertanggung meninggal dunia.

Jika Anda ingin memiliki produk proteksi satu ini, maka sebaiknya cek asuransi serba online terbaik yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Mengenal Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan produk asuransi yang dapat memberikan santunan tunai kepada ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia. Tentunya, asuransi jenis ini sangat penting untuk dimiliki, terutama bagi Anda yang menjadi tulang punggung keluarga.

Pasalnya, jika keluarga mengalami kehilangan sumber penghasilan ketika pencari nafkah meninggal dunia, asuransi jiwa menanggung atau membiayai hidup keluarga yang ditinggalkan tersebut untuk sementara waktu.

Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memiliki manfaat yang berupa santun meninggal dunia serta santunan cacat tetap apabila tertanggung mengalami musibah.

Pada beberapa perusahaan asuransi jiwa juga menawarkan Anda pertanggungan berupa asuransi penyakit kritis. Artinya, apabila tertanggung mengalami penyakit kritis, maka akan ditanggung oleh asuransi.

Perlindungan asuransi jiwa dapat mencakup risiko yang diakibatkan oleh hal yang tidak disengaja, dengan pengecualian akibat overdosis narkotika, bunuh diri, kecurangan klaim olahraga ekstrem, HIV/AIDS, vonis hukuman mati, dan data tidak sesuai.

Berikut ini adalah manfaat asuransi jiwa bagi pemilik polisnya:

  • Santunan meninggal dunia akan diberikan jika tertanggung meninggal dunia, umumnya sebesar 100 persen atau lebih uang pertanggungan.
  • Santunan cacat tetap total akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat tetap total, sehingga tidak dapat bekerja. Umumnya, diberikan sebesar 100 persen uang pertanggungan.
  • Santunan cacat tetap sebagian akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat tetap sebagian atau sebagian anggota tubuhnya tidak berfungsi, seperti kelumpuhan tangan atau kaki. Uang pertanggungan diberikan sesuai dengan proporsional kerugian.
  • Santunan penyakit kritis akan diberikan jika tertanggung didiagnosa penyakit kritis yang biayanya ditanggung oleh perusahaan asuransi.
  • Sebagai tabungan pensiun atau hari tua agar dapat membantu tertanggung untuk mengakumulasi persiapan tabungan hari tua.
  • Bebas pajak, yakni uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris tidak akan dianggap sebagai pendapatan untuk tujuan pajak.
  • Meng-cover biaya pemakaman. Ketika Anda membeli produk asuransi jiwa, maka biaya proses pemakaman akan ditanggung oleh asuransi.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Ada beberapa jenis produk asuransi jiwa dengan manfaat yang berbeda-beda untuk melayani beragam kebutuhan, kemampuan, dan daya beli masyarakat.

1. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa unit link menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi, dan paling sering ditawarkan oleh agen asuransi.

Jika tertarik berinvestasi namun tidak mengerti tentang investasi dan ingin tetap memastikan jiwa Anda tetap mendapatkan manfaat perlindungan dari kematian, maka jenis asuransi jiwa ini pilihan terbaiknya.

2. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance ini fungsinya untuk memberi proteksi kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu saja. Asuransi jiwa satu ini menawarkan kontrak untuk 5, 10, atau 20 tahun, dengan premi tetap dan terhitung murah.

Asuransi jiwa jenis ini cocok dipilih jika Anda mengutamakan masa depan keluarga, terutama pendidikan anak. Cocok bagi Anda yang memiliki kebutuhan biaya asuransi yang besar, namun memiliki kemampuan keuangan yang terbatas.

3. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Jenis asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance memberikan perlindungan seumur hidup, meski biasanya perusahaan asuransi membatasi manfaat perlindungan hingga hanya 100 tahun.

Asuransi jiwa ini direkomendasikan bagi Anda yang tidak punya tanggungan dan menginginkan manfaat yang lebih dari sekadar santunan kematian, atau Anda tertarik dengan ide tabungan jangka panjang.

Jadi, jika Anda menginginkan perlindungan jiwa sekaligus tabungan untuk kebutuhan darurat, misalnya membayar biaya tagihan rumah sakit, maka polis asuransi jiwa ini pilihannya.

4. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Jenis asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance ini sesuai dengan namanya adalah asuransi yang memiliki dua manfaat, yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan.

Itu berarti, Anda sebagai pemegang polis dapat memperoleh nilai tunai dari premi asuransi yang sudah dibayarkan berupa uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia dalam periode tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi bersangkutan dan juga dapat menarik polis asuransi dalam waktu tertentu sebelum masa kontrak berakhir.

Asuransi jiwa ini direkomendasikan bagi Anda yang lebih ingin memastikan ketersediaan dana pendidikan untuk anak, ingin punya dana untuk kebutuhan tak terduga di masa depan, dan ingin punya dana pensiun yang lebih besar.

Itulah pengertian asuransi jiwa, manfaat dan jenis-jenisnya yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top