Manfaat Laporan Keuangan

9 Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis

Manfaat laporan keuangan ternyata sangat luar biasa untuk kepentingan bisnis. Dengan adanya laporan keuangan, maka semua menjadi jelas begitu Anda mulai memikirkan tujuan yang diinginkan di dalam dan di luar perusahaan. Laporan keuangan dapat menawarkan gambaran yang jelas tentang situasi keuangan perusahaan Anda secara real time.

Memiliki laporan keuangan  yang valid juga menjadi faktor pembeda antara kegagalan dan kesuksesan. Misalnya, ketika Anda melihat laporan keuangan tidak beres, Anda dapat mengendalikan pos pengeluaran yang dirasa tidak penting.  Pemeriksaan keuangan yang cermat dapat membantu Anda menganalisis apakah Anda memiliki cukup uang untuk diinvestasikan dalam pertumbuhan bisnis ke depannya, atau tidak.

Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis

Sebelum mengetahui manfaat dari laporan keuangan, setidaknya ada tiga hal utama yang akan dilaporkan dalam buku keuangan, yaitu laporan laba rugi, laporan arus kas dan laporan neraca..

Neraca menampilkan hubungan antara ekuitas dan kewajiban dan bagaimana laporan terdiri dari total aset. Laporan laba rugi akan menampilkan profitabilitas bisnis selama periode tertentu.

Laporan arus kas di sisi lain akan menampilkan pertukaran barang dan akun menjadi uang tunai dan akan menunjukkan transformasi keuangan bisnis dari bentuk akrual ke bentuk tunai. Berikut adalah manfaat dari laporan keuangan untuk bisnis :

Membantu Mengambil Keputusan yang Lebih Baik

Laporan keuangan adalah alat pengambilan keputusan yang baik. Laporan keuangan adalah alat yang bisa menunjukkan tren bisnis dan kecenderungan yang menunjukkan bagaimana suatu perusahaan mengumpulkan pendapatan dan mana yang perlu dianggarkan untuk membayar kredit bisnis.

 Laporan keuangan juga akan menampilkan penyimpangan yang dapat menghambat arus kas perusahaan Anda. Misalnya, laporan piutang akan menampilkan siapa yang membayar perusahaan Anda tepat waktu dan siapa yang membutuhkan lebih banyak catatan pengingat.

Laporan keuangan juga akan menunjukkan pelanggan mana yang lebih dapat dipercaya. Singkatnya, laporan keuangan akan menunjukkan kepada Anda apa yang dimiliki bisnis dan kepada siapa Anda perlu menunjukkannya.

Baca juga : Tips Meningkatkan Cash Flow Bisnis

Mengawasi Inventaris yang Dimiliki Bisnis

 Laporan keuangan dalam bisnis dapat membantu Anda mengawasi jumlah inventaris perusahaan dan seberapa besar nilainya. Laporan keuangan yang tepat harus dimiliki jika Anda ingin mengelola inventaris bisnis dengan bijak.

Setiap bisnis harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Nah, untuk memastikan bahwa Anda memathui aturan yang ditetapkan pemerintah, maka pastikan jika Anda memiliki laporan keuangan yang akurat. Jika bisnis Anda memiliki  hutang, keuntungan atau inventaris, laporan keuangan sangat berharga karena dapat membantu bisnis Anda tetap berada di jalurnya.

Mudah Mencari Pinjaman Uang

Mencari pinjaman adalah strategi bisnis manapun untuk bisa bertumbuh dan bertahan, tetapi hampir setiap perusahaan akan membutuhkan kredit pada satu titik. Pada umumnya pinjaman akan mencakup kartu kredit, pinjaman bisnis dan jalur kredit dengan vendor. Pemberi pinjaman akan memerlukan beberapa jenis jaminan bahwa mereka akan menerima uangnya kembali dalam batas waktu yang ditentukan.

Untuk memanfaatkan jaminan seperti itu, pemberi pinjaman pasti ingin memeriksa laporan kredit dan neraca bisnis. Neraca ini akan menunjukkan pernyataan akurat tentang berapa banyak yang dimiliki bisnis, sekaligus juga menampilkan keadaan arus kas saat ini.

Laporan keuangan bisa membantu meningkatkan skor kredit Anda pada saat yang bersamaan dan membuat perusahaan terlihat memiliki kredibilitas. Ya,  laporan keuangan membantu para pemberi pinjaman untuk membuat keputusan kredit dengan memberikan informasi terkini mengenai profitabilitas, solvabilitas, likuiditas dan efisiensi perusahaan bisnis.

Mematuhi Aturan Pemerintah

Bisnis yang sudah terdaftar di Ditjen Pajak biasanya akan  meminta Anda untuk menyerahkan pengembalian pajak tepat waktu. Bisnis Anda dapat mempersiapkan pajak dengan cepat jika Anda memiliki laporan keuangan yang tepat. Misalnya, laporan penjualan akan membantu Anda membedakan antara penjualan tidak kena pajak dan kena pajak, dan dengan demikian hal itu bisa membantu Anda menghitung pajak penjualan yang harus Anda bayar.

Laporan kewajiban penggajian dapat membantu Anda menyajikan kewajiban pajak yang terkait dengan pembayaran sumber daya Anda. Selama audit, Anda akan dibekali dengan semua informasi yang terkait dengan pengajuan pajak Anda. Nah, laporan keuangan ini dapat membantu Anda memenuhi kewajiban tersebut.

Evaluasi Kinerja Masa Lalu

Laporan keuangan bisa membantu Anda mengevaluasi kinerja bisnis di masa lalu seperti penjualan, arus kas, pendapatan, laba atas investasi, dll. Dengan menggunakan teknik yang berbeda seperti analisis tren, analisis vertikal, analisis rasio, dll, Anda bisa menganalisis laporan keuangan dan mengevaluasi apa saja yang perlu ditingkatkan dan dihindari.

Baca juga : Cara Mengelola Keuangan Usaha

Memprediksi Pertumbuhan Bisnis

Laporan keuangan menunjukkan posisi keuangan bisnis saat ini dalam hal profitabilitas dan efisiensi operasional. Laporan keuangan menyediakan data atau posisi keuangan di masa lalu dan saat ini dari bisnis. Data dan informasi ini adalah dasar untuk memprediksi pendapatan masa depan dan tingkat pertumbuhan bisnis.

Laporan keuangan yang dianalisis pada akhirnya bisa mengevaluasi dan membandingkan kinerja masa lalu dan sekarang dari bisnis. Laporan setidaknya bisa membantu manajemen dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan yang tepat untuk bisnis.

Proses Audit Lebih Mudah

Manfaat laporan keuangan selanjutnya adalah, Anda bisa jauh lebih mudah dan lebih cepat membutuhkan data apapun jika ingin melakukan audit. Ya, Anda akan lebih mudah melakukan audit jika laporan keuangan Anda rapid an akurat. Bayangkan jika akun Anda berantakan dan tidak teratur, maka pemegang saham yang ingin melakukan audit akan merasa kesulitan.

Dengan laporan keuangan yang sudah bagus, maka setiap auditor yang Anda pekerjakan hanya perlu mengakses neraca terperinci dan membandingkannya dengan laporan untuk mengetahui dengan tepat apa yang telah dilakukan. Auditor dapat menghasilkan laporan dengan cepat dan kesalahan apa pun akan mudah muncul ke permukaan.

Mendapatkan pemahaman tentang manfaat pelaporan keuangan adalah cara terbaik untuk menjaga catatan Anda tetap lurus.

Perencanaan Bisnis Apapun Akan Terasa Lebih Mudah

Setelah Anda memiliki rekaman terperinci dan gambaran umum yang lebih baik tentang akun perusahaan,  maka akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk merencanakan dan memprediksi masa depan.

Ketika Anda yakin dengan data yang dimiliki, maka Anda dapat memecahkan masalah dengan cepat dan Anda dapat mengambil setiap peluang yang muncul dengan sendirinya, tanpa harus takut salah perhitungan dalam data yang dapat diakses. Ya, adanya laporan untung dan rugi di neraca, Anda akan dapat mengetahui dengan tepat apa yang harus dilakukan dan berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk merealisasikannya.

Bisa Melaporkan Kondisi Keuangan Dengan Lebih Instan

Meskipun Anda harus menunggu akuntan atau auditor menyelesaikan laporannya untuk menyimpulkan laporan keuangan resmi, namun laporan keuangan yang selalu sistematis akan selalu memiliki neraca yang diperbarui untuk bisa tahu keadaan akun saat ini.

Anda akan dapat menyajikan data ini kepada pihak yang berkepentingan, memberikan kepercayaan tambahan baik dalam pekerjaan Anda sebagai manajer dan kesehatan perusahaan secara keseluruhan.

Manfaat laporan keuangan yang baik akan sangat membantu Anda dalam mengawasi akun bisnis Anda, dan  akan sangat membantu ketika perusahaan Anda diaudit.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top