Asuransi Mobil All Risk

Mengenal Apa Itu Asuransi Mobil All Risk, Manfaat, dan Cara Klaimnya

Asuransi Mobil All Risk – Mobil kini bukan lagi termasuk dalam kategori barang mewah, karena tidak hanya orang kaya saja yang memiliki mobil tetapi masyarakat kalangan menengah pun kini menjadikan mobil sebagai kebutuhan prioritas.

Makin bertambahnya pengguna mobil juga mempengaruhi tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas. Hal itu mengharuskan bagi pemilik kendaraan tidak hanya memiliki polis asuransi jiwa terbaik tetapi juga wajib memiliki asuransi mobil untuk mengurangi risiko jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Asuransi mobil bisa melindungi kendaraan Anda sewaktu-waktu jika kendaraan mengalami kerusakan. Seperti yang diketahui, biaya perbaikan kendaraan tentunya tidak sedikit walau hanya lecet sedikit saja.

Dengan adanya asuransi mobil, biaya tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi. Namun, untuk mendapatkan klaim tersebut, ada berbagai syarat dan cara klaim yang perlu Anda ikuti sesuai dengan jenis asuransi mobil yang dimiliki.

Ada dua jenis pilihan asuransi kendaraan, yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Kali ini akan khusus kita bahas tentang asuransi mobil All Risk dan cara klaimnya.

Apa Itu Asuransi Mobil All Risk?

Asuransi jenis All Risk adalah produk asuransi yang melindungi mobil dari “segala risiko” yang mungkin terjadi di masa mendatang mulai dari kecelakan, bencana alam, kerusakan , kehilangan, dan lainnya sesuai dengan yang disepakati dalam polis asuransi.

Dengan premi yang Anda bayarkan rutin, pihak asuransi akan menanggung segala jenis kerusakan dari ringan hingga berat sekalipun.

Asuransi ini cocok kendaraan yang memiliki nilai tinggi karena Anda bisa melakukan klaim asuransi mobil untuk berbagai risiko. Cakupan pertanggungan yang sangat luas membuat premi untuk jenis asuransi ini cukup mahal.

Manfaat Pertanggungan Asuransi Mobil All Risk

Walau preminya cukup besar tetapi sepadan dengan perlindungan yang diberikan. Berikut adalah hal-hal yang ditanggung oleh asuransi mobil All Risk:

  1. Kecelakaan, mulai dari benturan, tabrakan, tergelincir, terperosok, terbalik.
  2. Segala perbuatan jahat oleh orang lain.
  3. Pencurian baik dengan kekerasan atau tidak.
  4. Kebakaran
  5. Sambaran petir
  6. Segala resiko selama penyeberangan laut menggunakan feri
  7. Kerusakan roda karena kecelakaan
  8. Biaya derek hingga pengangkutan ke bengkel terdekat
  9. Pengecualian yang tertulis dalam polis asuransi All Risk.

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

  1. Lampirkan Foto dan Syarat Klaim Kerusakan Mobil

Hal pertama dan penting dilakukan agar dapat klaim asuransi mobil All Risk adalah mendokumentasikan kerusakan sekecil apapun pada mobil Anda. Kemudian, segera buat laporan kepada pihak asuransi dengan bukti dokumentasi tersebut.

Lampirkan juga persyaratan lainnya seperti fotokopi SIM, STNK, polis asuransi, bukti laporan kepolisian jika kerusakan akibat dari kecelakan.

  1. Segera Hubungi Agen Asuransi Jika Sedang di Luar Kota

Jika kerusakan terjadi ketika Anda berada di luar kota, Anda tetap bisa melakukan klaim asuransi mobil All Risk. Caranya, segera hubungi pihak asuransi dan ceritakan kronologi kejadian bagaimana mobil anda bisa mengalami kerusakan.

Jika klaim asuransi yang Anda ajukan diterima, pihak asuransi akan merekomendasikan bengkel rekanan tertentu di kota tersebut. Inilah mengapa penting mempertimbangkan daftar rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi sebelum memilih asuransi.

  1. Isi Formulir Klaim Asuransi Secara Lengkap yang Tersedia di Bengkel

Setelah mendapatkan rekomendasi bengkel rekanan untuk klaim asuransi, selanjutnya Anda bisa mengisi formulir yang tersedia di bengkel dengan lengkap.

Jangan lupa bawa persyaratan dokumen klaim asuransi lainnya yang nantinya akan dibutuhkan. Bengkel kemudian akan melanjutkan proses pengajuan klaim kepada pihak asuransi.

  1. Bengkel akan Melakukan Konfirmasi kepada Pihak Asuransi

Jika klaim yang dikonfirmasi bengkel kepada pihak asuransi diterima oleh pihak asuransi, bengkel akan langsung melakukan proses perbaikan terhadap mobil Anda yang mengalami kerusakan.

Cara klaim asuransi mobil seperti ini mempermudah Anda untuk mengajukan klaim di manapun dan kapanpun walau sedang berada di luar kota sekalipun. Memilih perusahaan asuransi yang memiliki rekanan di berbagai kota bisa jadi pertimbangan sebelum memutuskan memilih perusahaan asuransi.

Demikian seputar asuransi mobil all risk tentang manfaat hingga cara klaimnya. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top