Mengenal Premi, Pahami Sebelum Ikut Asuransi

Anda tentu pernah atau bahkan sering mendengar kata premi bukan? Kata premi memang tidak asing terutama ketika Anda sedang membicarakan asuransi.

Namun, bagi sebagian besar orang, kata tersebut bisa jadi hanya merupakan istilah yang belum dipahami betul apa artinya.

Oleh karena itulah, kami akan mengajak Anda yang belum mengetahuinya untuk lebih mengenal tentang apa itu premi.

Seperti diketahui, selain premi asuransi konvensional, ada juga asuransi syariah yang kini banyak dipilih masyarakat.

Salah satu asuransi syariah yang bisa dipilih sesuai syariat Islam adalah asuransi jiwa Takaful Keluarga.

Dalam artikel ini kita akan mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi tersebut, termasuk informasi mengenai premi asuransi Allianz untuk Anda yang ingin memiliki produknya.

Apa yang Dimaksud dengan Premi?

Disimpulkan dari Undang-Undang No.40 tahun 2014, arti dari premi adalah sejumlah uang yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi dan disetujui oleh pemegang polis. Artinya, pemegang polis setuju untuk membayarkan jumlah tersebut dalam waktu yang telah disepakati.

Ketika Anda bergabung dengan asuransi, premi merupakan sesuatu yang krusial, karena jumlah premi akan menjadi kewajiban yang perlu Anda bayarkan untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi yang Anda ikuti.

Biasanya, masa pembayaran dari sebuah premi adalah satu kali dalam sebulan. Namun semua itu juga tergantung dari jenis asuransi yang Anda beli. Ada juga asuransi yang masa pembayarannya secara tahunan.

Apa Saja Jenis dari Premi Asuransi?

Selanjutnya, kita akan coba untuk membahas apa saja jenis-jenis dari premi asuransi. Sebagai informasi, jenis premi informasi memang ada banyak dan umumnya dimiliki oleh perorangan. Berikut beberapa jenisnya.

Asuransi Syariah

Sekarang ini, telah mulai banyak bermunculan hal yang berlandaskan syariah, tidak terkecuali dengan asuransi. Konsep dari premi asuransi syariah adalah pihak asuransi memiliki peran sebagai pemegang amanah dan memiliki tanggung jawab untuk mengelola dana yang dibayarkan peserta asuransi. Dana yang dibayarkan peserta akan disebut sebagai kontribusi.

Dalam asuransi syariah, akad yang digunakan adalah menanggung risiko bersama atau sharing risk. Prinsip tersebut juga dikenal dengan sebutan asuransi jiwa Takaful Keluarga yang memiliki tujuan untuk memberikan kebahagiaan secara syariat Islam.

Beberapa jenis asuransi syariah adalah asuransi jiwa syariah yang akan membantu untuk melakukan antisipasi ketika tulang punggung keluarga tiada dengan memakai sistem kelola yang telah disesuaikan dengan syariat Islam. Bentuk dari asuransi jiwa syariah ini bisa kredit atau asuransi untuk pergi haji dan umroh.

Terdapat juga asuransi kesehatan syariah yang akan membantu untuk menanggung biaya pengobatan atau perawatan untuk peserta asuransi atau yang disebut juga dengan tertanggung.

Lalu ada juga Asuransi Umum Syariah, yang akan membantu Anda untuk menanggung berbagai resiko kerugian dengan memakai prinsip syariah. Contohnya adalah asuransi pendidikan atau mobil syariah.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah premi yang Anda bayarkan supaya bisa mendapat berbagai manfaat yang memiliki hubungan dengan kesehatan. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari premi asuransi kesehatan adalah rawat jalan, bedah, rawat inap perawatan mata dan gigi hingga proses persalinan.

Asuransi Jiwa

Selain asuransi kesehatan, Anda mungkin juga sering mendengar tentang asuransi jiwa. Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang dibayarkan oleh peserta supaya peserta atau ahli waris dari peserta bisa menerima uang santunan atau tanggungan.

Besar dari jumlah uang yang diperoleh akan tergantung dari jenis asuransi yang diikuti. Semakin besar uang yang ingin diterima, maka akan semakin besar juga uang yang perlu dibayarkan.

Contoh asuransi jiwa yang bisa Anda temui adalah premi asuransi Allianz

Asuransi Mobil

Sesuai namanya, asuransi mobil akan memberikan tanggungan untuk berbagai urusan mobil seperti perbaikan karena kerusakan total, sebagian hingga kehilangan.

Terdapat dua jenis asuransi mobil yaitu Total Only Lost dan All Risk.

Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri merupakan jenis asuransi yang akan memberikan manfaat kepada peserta asuransi dalam bentuk santunan apabila terjadi kecelakaan.

Sebagai informasi, besarnya premi asuransi kecelakaan bisa dibilang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp165 ribu per tahun. Namun, jumlah bisa berbeda tergantung dari jenis asuransi yang Anda pilih.

Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi ini akan sangat cocok untuk Anda yang gemar melakukan perjalanan. Premi asuransi perjalanan akan memberi tanggungan kepada Anda atas berbagai hal yang berhubungan dengan pelaksanaan perjalanan.

Contohnya,  rawat inap, biaya medis,gangguan yang terjadi selama di dalam perjalanan sampai uang santunan.

Itulah beberapa informasi tentang premis asuransi untuk Anda yang belum terlalu familiar dengannya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar