Safe Mode Windows 10

Safe Mode Windows 10

Safe Mode Windows 10 – Windows 10 adalah sistem operasi dari Microsoft yang paling mutakhir sekarang ini. Walaupun tersedia dalam beragam versi, akan tetapi tidak banyak perbedaan di setiap versinya yang nampak mencolok.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Windows 10 yaitu adanya fitur safe mode. Yang mana fitur tersebut umumnya dipakai untuk melakukan beragam aktivitas perbaikan maupun recovery di sistem operasi yang anda pakai. Lantas, bagaimana cara memakai fitur safe mode Windows 10? Dari pada semakin penasaran, mari simak penjelasan tentang cara menggunakan fitur safe mode Windows 10 berikut ini.

Pengertian Safe Mode

Safe mode adalah fitur bawaan Windows yang umumnya dipakai untuk melakukan perbaikan jika Windows mengalami masalah. Mode safe ini memungkinkan anda untuk masuk dalam mode Windows yang minimalis. Artinya, dalam fitur ini tidak semua perangkat luna, file dan driver akan diaktifkan. Melainkan hanya beberapa saja yang dianggap penting serta mendukung aktivitas perbaikan atau recovery.

Saat anda masuk dalam fitur safe mode, tampilan Windows 10 anda akan menjadi lebih sederhana serta terkesan jadul. Akan tetapi, ini membuat perangkat anda menjadi lebih cepat serta terasa ringan ketika diakses. Agar bisa mengakses fitur safe mode Windows 10, ada beberapa cara yang dapat diterapkan. Anda bisa menemukan informasi selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Kirim Pulsa Telkomsel

Cara Memasuki Fitur Safe Mode Windows 10 Melalui Fitur Recovery

Cara memasuki safe mode Windows 10 pertama yakni dengan memanfaatkan fitur recovery windows. Dibawah ini langkah-langkahnya :

  1. Klik opsi start menu kemudian masuk pada menu settings
  2. Selanjutnya pilih opsi Update & Security
  3. Jika opsi tersebut sudah terbuka, berikutnya klik opsi Recovery yang ada di jendela sebelah kiri. Lalu di bagian Advanced Startup anda dapat klik menu Restart Now
  4. Berikutnya akan muncul tampilan Recovery Mode, di jendela tersebut ada beberapa pilihan untuk Recovery yakni Use a device, Continue, Turn Off Your PC dan Troubleshoot.  Pada menu ini anda dapat memilih opsi Troubleshoot
  5. Lalu pilih opsi Advanced Option
  6. Selanjutnya pilih opsi Startup Settings
  7. Jika anda sudah memilihnya, akan muncul pemberitahuan bahwa Windows melakukan restart dan mengizinkan anda untuk melakukan sejumlah perubahan di menu pengaturan, termasuk memasuki safe mode Windows 10.
  8. Apabila PC sudah selesai restart, anda akan menuju jendela startup settings, kemudian anda dapat klik opsi safe mode untuk masuk pada menu safe mode Windows 10
  9. Finish

Cara Memasuki Safe Mode Windows 10 Menggunakan Shortcut Shift + Restart

Cara yang kedua ini pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan cara sebelumnya. Namun, kita akan menerapkannya menggunakan bantuan shortcut untuk mempercepat proses masuknya fitur safe mode. Anda hanya perlu menekan satu tombol lalu klik menu Restart Windows anda. Selanjutnya anda sudah dapat memakai menu safe mode. Adapun langkah-langkahnya yaitu :

  1. Klik menu start Windows lalu klik ikon Power
  2. Selanjutnya tekan tombol Shift yang ada di keyboard bersamaan dengan klik opsi Restart pada PC anda
  3. Berikutnya, PC akan restart
  4. Jika proses restart sudah selesai, anda akan menuju ke jendela Recovery Mode serta ikuti beberapa langkah yang sudah disebutkan pada cara sebelumnya di langkah ke empat
  5. Finish

Cara Safe Mode Windows 10 Melalui Tombol F8 Pada Keyboard

Cara yang ketiga ini yaitu memanfaatkan tombol F8 yang ada di keyboard perangkat anda. Hanya dengan menekan tombol F8 anda sudah dapat masuk pada fitur safe mode. Akan tetapi, harus anda ketahui bahwa anda tidak bisa langsung masuk pada fitur safe mode. Ada timing ketika anda menekan tombol tersebut. Selengkapnya dapat anda simak pada langkah di bawah ini :

Baca juga : Google Classroom Adalah

  1. Jika laptop anda dalam kondisi masih menyala, sebaiknya anda merestart perangkat terlebih dahulu
  2. Jika sudah masuk pada proses booting, anda dapat menekan tombol F8 beberapa kali sampai bisa masuk pada fitur safe mode. Akan tetapi sayangnya, tidak sama dengan versi Windows sebelumnya, untuk Windows 10 ini sudah dinonaktifkan. Dengan demikian anda dapat mengaktifkannya dengan bantuan command prompt.
  3. Caranya yakni dengan membuka CMD lalu masuk sebagai admin
  4. Jika jendela command prompt sudah terbuka, anda dapat memasukkan perintah bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy
  5. Saat proses sudah berhasil, akan muncul pemberitahuan The operation completed succesfully
  6. Dengan notifikasi tersebut anda dapat masuk pada fitur Safe mode dengan memanfaatkan tombol F8 ketika proses booting sedang berjalan
  7. Jika anda ingin mengembalikan pada pengaturan awal dan menonaktifkan fitur tombol F8, maka anda dapat memasukkan perintah CMD sama dengan sebelumnya dan juga notifikasi bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard
  8. Finish

Cara Memasuki Fitur Safe Mode Windows 10 Lewat System Configuration

Selain dengan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, masih terdapat cara masuk safe mode lainnya untuk anda coba. Bisa dibilang, tutorial ini cukup sederhana daripada cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Untuk cara ini hanya perlu menggunakan fitur msconfig agar bisa masuk pada fitur safe mode. Berikut ini beberapa langkahnya :

  1. Buka aplikasi Run dengan menekan opsi Windows + R pada keyboard anda
  2. Jika aplikasi tersebut sudah terbuka, anda dapat menginput msconfig kemudian tekan Enter
  3. Berikutnya jendela system configuration akan terbuka. Dari laman ini anda akan masuk pada tab menu boot, kemudian centang di bagian Safe Boot. Berikutnya klik Ok.

Notes :

    • Safe boot – minimal : Berfungsi untuk menjalankan fitur safe mode dengan service dan driver yang dibutuhkan saja, dari sisi tampilannya pun juga minimalis yakni hanya dengan menggunakan Windows GUI.
    • Safe boot – Alternate Shell : Diklaim lebih ringan daripada minimal. Akan tetapi, dibutuhkan kemampuan tentang berbagai perintah Command Shell, dengan demikian dibutuhkan keahlian khusus agar bisa memasuki fitur safe mode ini.
    • Safe Boot – Active Directory Repair : Masuk pada fitur safe mode guna melakukan pemeriksaan di bagian perangkat keras PC. Dengan demikian, akan hadir beragam informasi terkait hardware yang dipakai.
    • Safe Boot – Network : Berfungsi untuk menjalankan fitur safe mode. Yakni dengan memakai tampilan Windows GUI layaknya minimal. Service dan driver yang ada hanya bertugas untuk mengakses jaringan.
  1. Berikutnya akan muncul pemberitahuan untuk restart PC. Disini anda dapat merestart PC secara langsung maupun menyimpan tanpa perlu merestart. Apabila anda sudah melakukan restar, PC anda akan kembali menyala dengan masuk pada fitur Safe Mode.
  2. Finish

Nah, itulah beberapa cara untuk masuk pada fitur safe mode Windows 10 yang dapat dicoba dengan mudah. Pastinya berbagai cara diatas dapat anda praktekkan secara langsung di PC anda. Selain bisa dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan atau recovery, umumnya fitur safe mode ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi PC yang lemot pada Windows 10. Dan bagi rekan – rekan yang memiliki masalah pada laptop asus nya, berikut informasi mengenai cara reset laptop asus yang dapat kami berikan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top